Olly Diisukan Jadi Menteri, Sejumlah Nama Siap Diusung Tempati Kursi Wagub

Gubernur Olly Dondokambey disebut masuk dalam komposisi reshuffle kabinet Joko Widodo
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Nama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey santer diisukan akan menempati kursi menteri kabinet Joko Widodo (Jokowi), yang sesuai rencana bakal digelar Kamis (16/9/2021).

Praktis adanya rencana reshuffle kabinet yang santer diperbincangkan tersebut, membuat konstelasi politik mulai bergejolak.

Sesuai informasi yang beredar, Gubernur Olly, telah berada di Jakarta sejak Rabu (8/9/2021) sore.

Menurut sumber resmi, selain ada agenda penting yang harus dihadiri, Olly juga tengah menunggu prosesi pelantikan. Di mana pada reshuffle kali ini, Olly punya kans sebagai Menteri Perhubungan RI.

“Beberapa kali dalam agenda reshuffle kabinet Pak Jokowi, nama Pak Olly selalu muncul,” kata Pdt Lucky Rumopa, yang adalah orang dekat Olly.

Praktis dengan situasi ini, jika Olly dipercaya sebagai menteri, maka dapat dipastikan posisi Wakil Gubernur (Wagub) Steven OE Kandouw bakal naik, sehingga akan memberikan peluang bagi partai untuk menempatkan para pengurus terbaiknya untuk menempati kursi wakil gubernur.

“Jika Pak Olly menjadi menteri, maka sesuai aturan Wakil Gubernur Steven Kandouw akan naik menjadi Gubernur Sulut,” ungkap Rumopa.

“Selanjutnya figur mana yang tepat untuk menempati kursi wakil gubernur itu menjadi domainya partai politik pengusung, dalam hal ini PDI-Perjuangan,” ungkap Rumopa yang juga Staf Khusus Gubernur Olly.

Biasanya jika melihat pertimbangan PDI-Perjuangan, yang akan ditunjuk adalah pengurus partai, dengan mengandalkan sejumlah pertimbangan. Yakni kualitas sumber daya manusia (SDM), integritas dan terpenting adalah komitmen kerja.

Rumopa menyebut ada sejumlah nama yang berpeluang menjabat posisi wakil gubernur, yakni Robby Dondokambey yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Minahasa. Diikuti politisi muda, yang saat ini sebagai Ketua Fraksi PDI-P DPRD Sulut, yaitu Rocky Wowor.

Bahkan nama Ketua DPRD Sulut, Fransiskus Andi Silangen juga disebut memiliki kans sebagai wakil gubernur Sulut.(srv)

banner 300x250