Komisi I DPRD Sulut Pantau Program Padat Karya Tunai Desa di Minsel

IMG-20210818-WA0009

Minsel, Sulutreview.com – Pimpinam dan Anggota Komisi I DPRD Sulut mengadakan Kunjungan kerja (Kunker), di desa Paslaten 1 Kecamatan Tatapan dan Desa Tangkunei Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan, Jumat (3/9/2021)

Dilaksanakannya kunjungan kerja tersebut, guna untuk mengkoordinasikan terkait kegiatan program padat karya tunai desa dan pembiayaannya di ambil dari dana desa tahun 2021.

Kepada sejumlah wartawan, Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulut Herol V Kaawoan mengatakan bahwa untuk Desa Paslaten 1, Hukum Tua Steven Tumondo memaparkan soal program padat karya tunai yaitu pekerjaaan pembangunan jalan paving block jaga tiga dengan total panjang 76 meter dengan lebar yang bervariasi rata rata 4 meter dengan anggaran Rp96.670.000.

“Pekerjaan melibatkan tenaga kerja laki laki 9 orang dan 23 orang perempuan dengan sistem pembayaran upah harian langsung bayar dan sistem pekerjaan secara swadaya menggunakan tenaga kerja masyarakat Desa Paslaten 1 dan perkiraan pekerjaan 30 hari,” ungkapnya kembali.

Selanjutnya, untuk Desa Tangkunei dalam pemaparan Hukum Tua Cherly V tuwo dan Sekretaris Desa Selny Rumengan program padat karya tunai yang dilakukan yakni, pekerjaan pembangunan rehab jembatan Ulow (perkebunan) dengan panjang 12 meter dan lebar 2,5 meter dengan anggaran Rp 48.260.000.

“Pastinya ini dengan melibatkan tenaga kerja laki-laki 14 orang dan 3 orang perempuan dengan sistem pembyaran upah harian langsung bayar juga pengerjaan secara swadaya menggunakan masyarakat lokal dan perkiraan pekerjaan 7 hari,” tandas Kaawoan.

Dengan hasil yang didapati, Kaawoan menuturkan bahwa tentunya kami mendorong kepada pemerintah setempat dalam hal ini Hukum Tua untuk menggunakan dana desa dengan tepat guna dan tepat sasaran.

Kunker didampingi oleh koordinator program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa Kabupaten Minahasa Selatan, Jusak Sengkey.

Turut hadir dalam kunker ini Ketua Komisi I
Vonny Paat, Wakil ketua Herol V Kaawoan anggota Nofita Rewah, Muslimah Mongilong, Fabian Kaloh, Jhonny Panambunan, Arthur Kotambunan dan staf Komisi 1 DPRD Provinsi Sulut.(lina)

banner 300x250