HUT ke-76 RI, Wagub Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven OE Kandouw memimpin Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci, yang merupakan rangkaian peringatan HUT Proklamasi RI ke-76 di TMP Kairagi, Selasa (16/08/2021).

Prosesi upacara yang dapat disaksikan secara virtual tersebut, turut dihadiri Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti Warenei Mamahit.

Bacaan Lainnya

Selaku Inspektur Upacara, Pangdam pada kesempatan tersebut, membacakan naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

“Kami yang hadir hari ini pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan, TNI 502 orang, Polri 27 orang, Veteran 20 orang, Sipil 34 orang menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa,” ujar Pangdam XIII/Merdeka.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula. Jalan kebaikan kebaikan yang saudara-saudara tempuh adalah jalan kami juga,” sambungnya.

“Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapatkan tempat yang sewajarnya,” tandasnya.

Usai upacara, Wagub Kandouw menyampaikan Apel kehormatan dan Apel suci sebagai bentuk dan tanda penghormatan kami terhadap para pejuang bangsa yang telah gugur mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

“Malam ini saya bersama Forkopimda Provinsi Sulut melakukan Apel Kehormatan dan renungan di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado,” ungkap Wagub Kandouw.

Wagub mengutip pesan Presiden Pertama RI, Ir Soekarno yang pernah berkata Bangsa yang besar, adalah Bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya.

“Untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa meneladani semangat dan nilai kepahlawanan dengan menjadikan pahlawan sebagai panutan,” ungkap Wagub kembali.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolda Sulut, Ketua DPRD Sulut, serta para pimpinan dan jajaran TNI/Polri di Sulut.(srv)

banner 300x250