Dianggarkan Lewat Dana Desa, Pemdes Wongkai Rintis Jalan Usaha Tani

Ibadah bersama saat pekerjaan perintisan jalan usaha tani hendak dimulai
IMG-20210818-WA0009

Mitra, SULUTREVIEW – Perintisan Jalan Usaha Tani yang juga merupakan jalan penghubung antara Kebun Makalu Desa Wongkai ke Desa Nazareth (Wioi Timur) mulai dikerjakan Pemerintah Desa Wongkai melalui anggaran Dana Desa (Dandes) Tahap 2 di Tahun 2021.

Dikatakan Hukum Tua Desa Wongkai Royke Ponggohong, sektor pertanian perlu terus dijalankan untuk penguatan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani di tengah tekanan ekonomi akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Pekerjaan sementara berproses

Pembangunan Jalan Usaha Tani dengan Volume 1.450 Meter dengan Total Anggaran Rp.124.503.750 tersebut dilaksanakan guna untuk menggerakkan ekonomi masyarakat di bidang pertanian karena akan memudahkan masyarakat mengangkut hasil pertanian sehingga dapat mengurangi pengeluaran.

“Selain jalan penghubung ke desa Nazareth Wioi Timur, dengan dibukanya akses jalan ini tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya bidang pertanian,” ujar Royke Ponggohong

Foto bersama Hukum Tua, Perangkat Desa, dan BPD Desa Wongkai

Lanjutnya dengan dibukanya jalan tersebut secara otomatis, warga akan semakin dipermudah dalam hal pengangkutan hasil tani. Selain itu juga akan menjadi jalan pintas ke beberapa lokasi perkebunan warga

“Ekonomi masyarakat secara otomatis akan mengalami peningkatan disaat biaya angkutan berkurang. Selain itu pula, ada beberapa lokasi perkebunan warga yang akan lebih dekat dengan dibukanya akses tani tersebut,” jelasnya.

Ia pun berharap, dengan dibukanya jalan usaha tani tersebut, masyarakat dapat membantu merawat sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan, terlebih khusus para petani.

“Meskipun masih dalam tahap perintisan, tentunya kita perlu merawatnya agar kondisi jalan tetap berfungsi sebagaimana yang diharapkan,” tandas Hukum Tua Royke Ponggohong. (**)

banner 300x250