PPKM Diperpanjang, MJP Desak Realisasi Bansos

Melky Jackin Pangemanan (MJP)
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Pemerintah RI Joko Widodo kembali perpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat(PPKM) level ke 4.

Prinsip pembatasan ini sah-sah saja sepanjang hal itu dapat mengurangi dan menekan tingkat penyebaran Covid-19 baik secara nasional maupun di masing-masing daerah termasuk di Provinsi Sulawesi Utara.

Bacaan Lainnya

Diketahui pula Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengambil kebijakan dengan memperpanjang pemberlakuan pembatasan darurat berskala mikro di Sulut sampai tanggal 16 Agustus 2021 mendatang.

Berikut ini tanggapan dari legislator Sulut, Melky Jackin Pangemanan (MJP) kepada media di ruang kerjanya, Senin (2/8/2021).

“Prinsipnya kami sepakat dengan perpanjangan penerapan pembatasan, oleh pemerintah daerah, namun pentingnya penjelasan pemerintah daerah terkait kebijakan tersebut,” katanya.

Perpanjangan PPKM ini diharapkan nanti situasi ekonomi tak ada masalah karena itu hal ini perlu dikaji secara komprehensif, sehingga penerapan PPKM dapat terukur misalnya dalam dua minggu, asumsi kita tingkat penurunan pandemi dapat dilihat tingkat presentasinya seperti apa,” ungkap MJP politisi dari Partai Serikat Indonesia.

MJP juga menilai dengan kebijakan ini, sudah sejauh mana target bantuan pemerintah daerah kepada masyarakat terdampak Covid-19, melalui realisasi bantuan sosial (bansos) apakah terwujud sesuai harapan.

Belum lagi ekonomi masyarakat akibat dari kebijakan PPKM karena itu dia menilai pemerintah perlu menjabarkan secara eksplisit hal tersebut.

“Hal ini dimaksud agar masyarakat perlu mendapat penjelasan dan edukasi, agar kebijakan pembatasan ini mendapat kemaslahatan, keamanan dan kesehatan masyarakat yang diinginkan dan hal ini perlu mendapat jaminan dari pemerintah daerah, sehingga pemerintah bukan saja hanya bersifat sebagai surat edaran kepada publik, namun lebih pada pencerahan dan edukasi kepada publik, bawasannya target pemerintah bisa terukur,” tutup MJP.(lina)

banner 300x250