Pemkot Manado Matangkan Pembentukan BLUD

Walikota Manado Andrei Angouw saat memimpin rapat BLUD
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Walikota Andrei Angouw (AA) dan Wakil Walikota Manado Richard Sualang melakukan pertemuan dengan pejabat teknis dalam rangka pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

BLUD ini adalah sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis dinas/badan daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya.

Bacaan Lainnya

“Tujuan pembentukan BLUD ini adalah untuk memberikan layanan umum secara lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatuhan dan manfaat sejalan dengan praktek bisnis yang sehat untuk membantu pencapaian tujuan pemerintah daerah,” kata Walikota AA

Nantinya, pengelolannya yang dilakukan BLUDGER berdasarkan kewenangan yang didelegasikan oleh kepala daerah.

Bahasan soal BLUD ini menyangkut tarif layanan, investasi, silpa dan defisit anggaran dan lain sebagainya. Walikota menekankan beberapa hal penting menyangkut persyaratan substantif dan persyaratan teknis.

Hadir dalam pembahasan Sekot Manado Micler CS Lakat, Asisten III yang juga sebagai PLT Badan Keuangan, Kepala BKD, Kabag Hukum Pemkot, dr Sanil Marentek Kepaka RSUD Manado, dan dr Joy Zeekeon dari Dinas Kesehatan Kota Manado dan pejabat teknis lainnya.

Pada kesimpulannya akan dimatangkan Tahapan Pembentukan BLUD tersebut yang akan segera dimulai secepat mungkin. Tambahan lainnya adalah rencana pembentukan Perusahaan Daerah untuk mengelola Aset Pariwisata ikut disampaikan Walikota diakhir pembahasan.(srv)

banner 300x250