Robby Mamahit, Pemilik Pertashop Cetak Omzet Ratusan Juta Sebulan

Pertashop milik Robby Mamahit
IMG-20210818-WA0009

Minahasa Utara, Sulutreview.com – Sukses menekuni usaha barunya, Robby Mamahit (57) Pemilik Pertashop di Dimembe, Minahasa Utara mengaku meraih berkah melimpah.

Tak pernah ia bayangkan Pertashop yang tadinya berdiri di lahan 250 m2 kini membuatnya mampu membeli tanah dan membuka minimarket di sebelah Pertashop-nya hanya dalam waktu 4 bulan saja.

Bacaan Lainnya

Ketika ditanya, awalnya ia mengetahui mendapat informasi dari teman dan website. Robby berujar ini barang jelas. “Investasinya sangat ringan menurut saya, dengan pasar yang jelas, Pertashop sangat menjanjikan dapat balik modal dalam waktu yang singkat” ujarnya.

Hal yang membuat ia yakin adalah Pertashop menjual BBM yang terjamin kualitasnya karena dipasok langsung dengan mobil tangki dari Pertamina. Selain itu, harganya lebih murah daripada bensin eceran dengan kualitas yang lebih baik sekelas Pertamax dengan harga setara di SPBU yakni Rp9.200.

Robby pun dengan antusias menceritakan awal mula dia mendaftar sampai dengan sekarang. Ia menuturkan proses kepemilikan Pertashop sangat mudah, cepat dan transparan. “Waktu itu saya hanya perlu 2 bulan dari menyiapkan lahan sampai dengan Pertashop bisa beroperasi. Tergantung di lahan yang kita miliki.” Setelah beroperasi kepercayaan masyarakat pelan-pelan tapi pasti mulai tumbuh. “Masyarakat awalnya bingung, mereka pikir ini sama dengan Pertamini lainnya. Tapi setelah mereka melihat ada truk tangki Pertamina yang ngisi, harga kita tidak mainkan, akhirnya mereka percaya dan terbiasa mengisi di Pertashop kita,” tukas Robby.

Sekarang setelah 4 bulan berdiri, ia mengungkapkan penjualan per harinya mencapai 1.000 liter/hari, dengan omzet berkisar antara 250-270 juta rupiah per bulannya. Dengan keuntungan tersebut ia putar kembali dengan membeli lahan disebelah Pertashop untuk ia bangun Minimarket, Enduro Express (tempat ganti oli resmi Pertamina) dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). “Kuncinya bagi calon pengusaha Pertashop, utamakan pelayanan sesuai standard dari Pertamina. Utamakan senyum salam sapa dan berikan perhatian kecil ke konsumen, maka mereka akan berulang mengisi karena pengalaman baik yang mereka peroleh,” pungkas Robby.

Robby Mamahit bersama usaha Pertashop miliknya

Pertashop Majukan Ekonomi Desa

Pertamina terus mendorong pemerataan akses energi di seluruh sudut negeri, terutama di daerah yang jauh dari SPBU, Pertashop diluncurkan tahun 2018 sebagai sebuah layanan one stop shopping produk Pertamina yang dapat dimiliki siapapun dengan harga lebih terjangkau dan keuntungan yang menjanjikan.

Pertashop berusaha menekan disparitas harga energi di suatu daerah, sehingga ongkos distribusi dapat ditekan dan harga bahan pokok dan kebutuhan lainnya menjadi semakin terjangkau.

Sejak diluncurkan pada tahun 2018, kemitraan Pertashop terus dikembangkan, program ini awalnya menggandeng Kementerian Dalam Negeri dengan tujuan memberikan apresiasi kepada desa berprestasi dan desa tertinggal dengan pembangunan modular yang dapat melayani penjualan BBM untuk menggerakkan ekonomi desa.

Setelah dipandang sukses, pada tahun 2020 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah juga menggandeng Pertamina untuk bekerjasama dalam program ini. Karena peminat Pertashop semakin banyak, Pertamina membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk dapat memiliki Pertashop. Kini Bank-Bank Himbara (Himpunan Bank Negara) juga telah bekerjasama dengan Pertamina memperluas akses terhadap energi.

Unit Managar Communication & Relation Pertamina Regional Sulawesi Laode Syarifuddin Mursali mengatakan bahwa sejak tahun 2020 diwilayah Sulawesi telah beroperasi 128 Pertashop dengan peminat yang sudah dalam proses verifikasi dan menunggu operasi mencapai total 251 calon lokasi baru. “Khusus untuk wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo total sudah beroperasi 38 Pertashop dengan rincian 14 di Provinsi Gorontalo dan sisanya di Sulawesi Utara. Sementara peminat yang telah mendaftar dan dalam proses verifikasi dan persiapan operasi untuk 2 provinsi tersebut total mencapai 33 calon lokasi baru.” ujarnya

Beberapa keunggulan Pertashop antara lain menjual Produk resmi dari yang dipasok menggunakan mobil tangki Pertamina. Sehingga kehandalan pasokan dan kualitas produknya sangat terjamin. Selain itu proses pendaftarannya sangat mudah dan transparan. Seluruh informasi dan pendaftaran kemitraan Pertashop dapat diakses secara teansparan dan realtime. Syarat utamanya terdiri dari dua kriteria, Kriteria Administrasi Persyaratan dan Kriteria Lokasi. Tak butuh syarat administrasi yang susah dan luas lahan yang tidak terlalu luas juga menjadi poin yang membuat Pertashop dilirik investor pemula.

Untuk pola kerjasamanya ada 3 tipe yang ditawarkan:
1. Tipe Gold (210m² kapasitas tangki 3 Kilo Liter)
2. Platinum (300m² kapasitas tanki 10 Kilo Liter),
3. Diamond (500m² kapasitas tanki 10 Kilo Liter),

Perbedaan besaran lahan akan berpengaruh terhadap layanan bisnis nonfuel retail (NFR) / selain produk utama yang dapat beroperasi, misalkan agen pulsa, toko sembako, mini market, kafe/restoran, bengkel, dan bisnis turunan lainnya.

“Pemerataan energi menjadi tugas dan amanah Pemerintah melalui Pertamina dapat tercapai lebih cepat dan tepat. Di sisi lain, kami akan menggerakkan dan meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat dan daerah terutama mulai dari Desa,” tutup Laode

Bagi calon mitra yang berminat, seluruh biaya, informasi dan persyaratan seputar Pertashop dapat diakses melalui website kemitraan.pertamina.com dan apabila memerlukan konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center Pertamina 135.(srv)

banner 300x250