Siapkan Wartawan Profesional, Dewan Pers-LPDS Sukses Gelar Pra UKW

Zoom meeting Dewan Pers-LPDS diikuti 60 peserta wartawan Sulut
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Dewan pers bersama Lembaga Dr. Soetomo sukses menggelar pelatihan pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk 60 peserta pada Rabu (7/7/2021).

Asep Setiawan yang merupakan Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers, mewakili Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, membuka secara resmi kegiatan pra pelatihan jurnalistik UKW via zoom meeting.

Bacaan Lainnya

Adapun 60 peserta yang lolos untuk mengikuti pra UKW ini dilakukan secara virtual, kegiatan UKW dimulai tepat pada pukul 09.00 WITA dan selesai pada pukul 16.00 WITA, yang dibagi dalam 3 sesi dengan menghadirkan 3 narasumber yang sangat berpengalaman dan berkompeten di bidang masing-masing.

Narasumber sesi pertama, yakni Asep Setiawan, tema materi yang dibawakan yaitu Filosofi Jurnalisme. Sesi kedua oleh Hendrayana SH MH, tema materi Kode Etik Jurnalistik dan Hukum Pers, sesi ketiga oleh Rustam Fachri, tema materi Liputan Investigasi.

Asep Setiawan dalam pembukaan pra Pelatihan Jurnalistik mengatakan dengan diselenggarakannya kegiatan Pra UKW ini, diharapkan wartawan memahami hakikatnya sebagai seorang jurnalis.

“Kalau kita bekerja 24 jam sebagai wartawan dari pagi sampai malam dan tidak memahami hakikat, tentu saja kita akan cepat capek dan tidak memiliki energi lagi. Tapi kalau hakikat tadi dipahami, saya berpendapat rekan-rekan wartawan akan bersemangat kembali menempuh kegiatan jurnalistik ini,” ujar Setiawan.

Di kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif LPDS, Hendrayana, SH MH mengingatkan kepada seluruh perserta tentang pentingnya standar kode etik jurnalistik.

“Wartawan merupakan profesi, jadi bagaimana kita menjaga profesionalisme sebagai wartawan. Karena, sejatinya kode etik ini penting bagi kita dalam menjalankan operasional sehari-hari ketika bertugas di lapangan,” kata Hendrayana yang juga merupakan mantan Direktur LBH Pers ini.

Sementara itu, Rustam Fachri di akhir penyampaian meterinya, memberikan pesan ajakan kepada seluruh peserta yang ada untuk menjadi wartawan yang lebih profesional lagi kedepannya.

“Kelak setelah lulus dari Uji Kompetensi nanti, teman- teman bisa menjadi wartawan yang profesional, sebab sertifikasi wartawan tidak akan ada manfaatnya jika dalam implementasinya kita tidak profesional,” ujar Fachri yang juga merupakan manatan wartawan senior di Tempo Inti Media Tbk ini.

Di tempat terpisah, Jeane Rondonuwu yang juga merupakan mitra lokal UKW Dewan Pers-LPDS di Kota Manado mengatakan, dalam kegiatan ini dilakukan pre test dan post test yang nantinya menjadi acuan siapa yang akan lolos dan menjadi peserta UKW nanti.

“Hasil test akan menjadi acuan, siapa saja 54 peserta yang akan lolos,” singkat Rondonuwu yang juga merupakan Pemred Sulutdaily.com.(lina)

banner 300x250