Edukasi Masyarakat, PLN Sosialisasi Bahaya Listrik

Manajemen dan jajaran PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) rutin memberikan edukasi tentang bahaya listrik kepada masyarakar
IMG-20210818-WA0009

Palu, Sulutreview.com – PLN UP3 Palu menggelar kegiatan Sosialisasi Keselamatan Kerja dan Edukasi upaya pencegahan kecelakaan umum terkait bahaya listrik bersama dengan Kantor Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu di Kecamatan Lore Tengah Kamis (10/06/21).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Program Perlindungan Kawasan Taman Nasional Lore Lindu PT PLN (Persero) UP3 Palu dalam Perjanjian Kerjasama antara Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK dengan PT PLN (Persero) UP3 Palu.

Kegiatan yang di gelar di Aula Kantor Camat Lore Tengah di Desa Doda Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah ini disambut antusias masyarakat.

Sosialisasi Bahaya Listrik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat umum tentang bahaya listrik bagi kehidupan, sekaligus demi menjaga dan memperkecil tingkat kecelakaan umum akibat bahaya energi listrik yang dipergunakan dengan tidak semestinya.

Manajemen dan jajaran PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palu, secara aktif dan berkesinambungan, akan terus melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat umum tentang penting dan bahaya nya listrik dikehidupan masyarakat.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh PLT Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 3 Poso, Kasie Pemerintahan Kantor Camat Lore Tengah, 6 Kepala Desa beserta Perangkat Desa di Kecamatan Lore Tengah yaitu dari Desa Torire, Bariri, Doda, Lempe, Hanggira, Baleura, dan Para tokoh masyarakat sekitar, membuat kegiatan sosialisasi mendapat apresiasi dan sambutan luar biasa dari masyarakat Kecamatan Lore Tengah.

Melalui sejumlah materi pemahaman tentang bahaya listrik, menjadikan masyarakat antusias saat sesi tanya jawab. Terlihat pada sesi ini berbagai hal terkait masalah ketenagalistrikan di tanyakan.

Mengenai alasan kenapa Kecamatan Lore Tengah yang dijadikan sarana sosialisasi dan edukasi karena Kecamatan ini berada di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu dan dalam PKS (Perjanjian Kerjasama antara PLN dan Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu) menjadi salah satu obyek program yang harus diberikan edukasi terkait bahaya Listrik.

Sebelumnya PLN UP3 Palu telah melakukan pemasangan Rambu-rambu Himbauan di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu mulai dari Rambu Memasuki Kawasan Taman Nasional, Rambu Tanda Bahaya Kebakaran dan Himbauan untuk menjaga kelestarian alam yang ada.

Ika Safitri Ismail selaku Pejabat K3L PLN UP3 Palu mejelaskan terkait segala kegiatan yang berbahaya di dekat jaringan listrik, konsleting listrik (arus pendek) salah satu penyebab kebakaran, biasanya terjadi karena kurangnya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan listrik sesuai aturan dan legal, adanya sambungan listrik yang tidak benar (ilegal) sering mengakibatkan beban berlebihan pada penghantar sehingga kabel sebagai media penghantar pada instalasi listrik menjadi panas dan menyebabkan isolasi kabel meleleh.

Alhasil, kabel positif dan negatif pun beradu sehingga menyebabkan percikan api yang lambat laun membesar, hingga akhirnya memicu kebakaran serta bagaiamana Mengamankan Listrik saat Banjir.

Usai sosialisasi bahaya listrik dilanjukan dengan kegiatan Tanam Pohon di Kawasan Taman Nasional. Pohon yang ditanam adalah pohon Trembesi, Pohon mangga dan pohon berkayu lainnya.

Acara berjalan dengan lancar dan masyarakat mengapresiasi PLN karena listrik telah nyala 24 jam di desa mereka Terimakasih PLN ujar salah satu Kepala Desa di Kecamatan Lore Tengah Ini. Tak Lupa juga PLN UP3 Palu juga mempromosikan New PLN Mobile guna untuk mempermudah masyarakat dalam berinteraksi dengan PLN. Semua Semakin Mudah dalam satu genggaman.(srv)

banner 300x250