Olly Dondokambey Dilantik Jadi Ketua Mabida Pramuka Sulut

0
82

Manado, Sulutreview.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sulawesi Utara periode 2020-2025, di ruang Mapalus Kantor Gubernur, Selasa (8/6/2021).

Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Daerah dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Utara Periode 2020-2025, dilakukan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Mayjen TNI (Purn) Dr Bachtiar Utomo SIP.

Sebagai bentuk komitmen dan janji untuk menjalankan tugas dengan penuh kesungguhan, para pengurus yang dilantik mengucapkan Tri Satya.

“Tri Satya, demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mengamalkan Pancasila. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat serta menepati Dharma Pramuka,” ungkap Bachtiar Utomo yang diikuti Ketua Mabida dan pengurus yang dilantik.

Kakak Olly, dalam sapaan Kepramukaan, selanjutnya melantik Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulut, Kakak Vanda Sarundajang dan pengurus dengan prosesi yang sama yang diikuti dengan mengucapkan janji Tri Satya.

Pelantikan pengurus diharapkan dapat memimpin mengendalikan organisasi Gerakan Pramuka di Sulut serta membina kegiatan Pramuka di Sulut, dengan hati yang tulus ikhlas.

Kakak Olly mengatakan bahwa Pramuka memiliki peran besar bagi daerah.

“Kita semua harus memahami bahwa kita memiliki peran besar dalam pembentukan generasi muda, kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan terhadap globalisasi dan perkembangan zaman.Apalagi saat ini kita menghadapi pandemi,” katanya

Kerja bersama dengan sifat gotong royong, lanjut Kakak Olly sangat penting maka Gerakan Pramuka akan sangat membantu.

“Berusahalah sehebat-sehebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita. Sampai pada suatu ketika setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik mahasiswa yang ada di kota mana pun yang mengembala kerbau di desa dengan rasa bangga dan hormat dapat menyatakan aku Pramuka Indonesia,” ucap Kakak Olly mengutip pernyataan Proklamator Ir Soekarno.

Pengurus Mabida dan Kwarda Gerakan Pramuka, sambung Kakak Olly akan membawa perubahan untuk mencapai pembangunan pribadi bangsa. “Mari kita sama-sama mengembangkan potensi diri untuk mencapai akhlak mulia sebagai garansi pembangunan daerah ke depan,” tandasnya.

Sementara itu, Kakak Bachtiar Utomo, dalam sambutannya mengingatkan tentang UU nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas kesediaan Kakak Olly sebagai Ketua Mabida. “Saya ucapkan terima kasih atas kesediaan Kakak Olly untuk mengikuti pelantikan juga selamat kepada kakak Vanda sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulut,” jelasnya sembari menambahkan masa depan gerakan Pramuka di Sulut akan semakin maju.

“Di tengah pandemi yang kurang menggembirakan, yang menyebabkan kesulitan terutama kesehatan dan perekonomian yang terimbas, pada situasi ini berbagai kegiatan tertunda termasuk pendidikan yang terpaksa dilaksanakan di rumah. Namun sebagai Pramuka yang mementingkan pendidikan karakter harus tetap semangat dan berpikir positif dan mengembankan berbagai kegiatan kepramukaan dan bakti masyarakat,” jelasnya.

Kakak Bachtiar mengungkapkan agar pengembangkan gerakan pramuka lebih mengedepankan disiplin nasional, peduli dan empati kepada mereka yang membutuhkan pertolongan.

Susunan Pengurus Mabida Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Utara Periode 2020-2025 :

Ketua : Gubernur Sulut
Wakil Ketua : Wakil Gubernur Sulut, Pangdam 13 Merdeka, Kepala Kepolisian Sulut, Kepala Kejaksaan, Ketua Pengadilan Tinggi, Danlantamal, Danlanud Sam Ratulangi dan Ketua PKK Sulut.

Sekretaris : Sedaprov
Wakil Sekretaris : Wakil Ketua PKK
Anggota : Rektor Sam Ratulangi.(eda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here