Maurits-Hengky Lantik Pengurus TP PKK Kota Bitung Periode 2021-2026

0
146
Maurits-Hengky saat melantik pengurus TP PKK Bitung

Bitung, Sulutreview.com- Setelah Istri Walikota Bitung Ny Rita Mantiri-Tangkudung dilantik oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ny Rita Dondokambey Tamuntuan pada akhir bulan Maret lalu.

Akhirnya pada Senin (31/05/2021) Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM bersama Wakil Walikota Hengky Honandar SE secara resmi melantik seluruh TP PKK Kota Bitung secara keseluruhan dengan masa bhakti 2021-2026.

Pelantikan itu digelar di Ruangan Balai Pertemuan Umum Dr SH Sarundajang di Kantor Wali Kota yang dirangkaikan Raapat Kerja Daerah (Rakerda) PKK tahun 2021.

Ketua TP PKK Bitung Ny Rita Mantiri Tangkudung yang membacakan sambutan Ketua Ketua Umum PKK Ny Tri Tito Karnavian menyampaikan, Hari Kesatuan Gerak PKK merupakan salah satu momentum yang sangat mendasar, serta memiliki arti penting dan strategis dalam implementasi sepuluh Program Pokok PKK.

Peringatannya kata Rita, memberikan penegasan bahwa Gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat, serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

“Pelaksanaan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun ini memasuki tahun ke-49 dengan tema Keluarga Pelopor Perubahan menuju Indonesia Maju,” kata Rita.

Pelopor perubahan memberi makna bahwa PKK dalam hal ini Tim Penggerak dan Kader di seluruh pelosok nusantara, hendaknya tahu, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup.

Makna lainnya bahwa gerakan PKK bukan semata menempatkan keluarga sebagai obyek atau sasaran program pemerintah, akan tetapi gerakan PKK adalah gerakan yang mampu menginisiasi keluarga-keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional.

“Saat ini Gerakan PKK semakin berkembang dengan program-programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa,” ujarnya.

Pada sambutanya tersebut. Juga disentil soal Covid-19. Dimana sejak merebaknya pandemi covid-19, menurut Rita, Kader PKK telah aktif melakukan kampanye protokol kesehatan dengan gerakan 3M (Memakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak) serta 3T (Testing, dan Tracing Treatment).

“Pemberian bantuan makanan bergizi bagi masyarakat terdampak pandemi covid-19 serta Gebrak Masker yang dilakukan sejak awal pandemi hingga saat ini adalah salah satu bentuk peran aktif PKK,” ungkapnya.

Bahkan Rita menyampaikan, berdasarkan hasil olah data laporan yang disampaikan oleh TP PKK Provinsi, telah terdistribusi ± 41, 3 juta masker yang tersebar di seluruh provinsi dan telah dilakukan Testing berupa rapid/swab test gratis kepada 51.850 orang peserta pada Peringatan Hari Ibu Tahun 2020.

“Saya yakin, masih banyak yang sudah dilakukan oleh para Kader PKK di tingkat Kelurahan namun belum semua dilaporkan. Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas peran serta bapak/ibu sekalian,” katanya.

Hadir juga dalam pelantikan itu, Sekretaris Daerah Kota Bitung, Audy Pangemanan dan mantan Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Josephine Sondakh Taroreh.

Adapun susunan pengurus TP PKK Kota Bitung masa bhakti 2021-2026; Ketua, Ny Rita Mantiri Tangkudung. Sekretaris I, Ny Ellen Honandar Sondakh Bendahara, Ny Jeine Tangkudung Woran.(zet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here