BI Sulut Totalitas Berdayakan UMKM di Masa Pandemi

0
79
Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut Arbonas Hutabarat saat berbincang dengan Gubernur Olly Dondokambey dan Pimpinan Wilayah BNI Koko Prawira Butar-Butar

Manado, Sulutreview.com – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut), Arbonas Hutabarat menyatakan totalitas mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), untuk merambah pasar.

“Peran dan program kami dalam mendukung dan menyukseskan acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Gerakan Nasional Bangga Wisata (BWI) di Sulawes, akan kami dukung sepenuhnya,” ungkap Arbonas pada momentum Pencanangan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia pada kegiatan
Kurasi UMKM Sulut-BNI 46 di Grand Whiz
Kamis (27/5/2021).

Seperti diketahui, sambung Arbonas, Sulut akan menjadi tuan rumah acara Gernas BBI/BWI pada bulan Juli 2021 dengan tagline #PelangiSulawesi. Gernas BBI/BWI tersebut diharapkan dapat membantu UMKM lokal untuk tumbuh dan berkembang di tengah sejumlah tantangan di masa pandemi ini, serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Gernas BBI/BWI sepanjang tahun 2021 ini telah dilaksanakan di berbagai daerah seperti Bali, Sumatera Utara, NTB, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan NTT. Selanjutnya Sulawesi Utara akan menjadi tuan rumah dan dilanjutkan dengan Jawa Timur, Aceh, Papua, Maluku, dan DKI Jakarta.

“Salah satu langkah kami untuk mendukung Gernas BBI/BWI adalah menjalin sinergi dengan BNI46 dalam kegiatan kurasi produk UMKM Sulawesi Utara. Produk-produk hasil kurasi ini akan ditampilkan dalam acara pembukaan Gernas BBI/BWI di bulan Juli, bersamaan dengan pameran produk yang akan diselenggarakan di beberapa tempat di Sulawesi Utara,” jelasnya.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara (KPwBI Sulut) juga, kata Arbonas telah melakukan koordinasi dengan KPw BI di seluruh Sulawesi dalam rangka memperluas gema kampanye BBI/BWI Sulut.

“Pada saat yang bersamaan dengan pembukaan Gernas BBI/BWI, KPw BI se-Sulawesi akan turut mendukung dengan menyelenggarakan kegiatan Pameran Produk UMKM (in store promotion), dan sejumlah kegiatan lainnya seperti promosi wisata setempat, penguatan business matching pembiayaan UMKM dan penggunaan QRIS oleh BNI se-Sulawesi, dan kegiatan diskusi interaktif dengan UMKM se-Sulawesi,” tukasnya.

Secara khusus, KPw BI Sulut, tambah Arbonas, akan melaksanakan kegiatan Bimbingan Digitalisasi Khusus UMKM (BIDIK UMKM) yang akan diselenggarakan secara virtual pada tanggal 2 – 10 Juni 2021 nanti. Untuk hal ini, kami harapkan para peserta UMKM yang mengikuti kegiatan kurasi hari ini dapat juga mendaftar pada kegiatan tersebut.

Di samping itu, dalam rangka meningkatkan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung Gernas BBI/BWI ini.

“Kami juga menyelenggarakan lomba unboxing dan review produk UMKM Sulawesi Utara yang masa pendaftarannya berlangsung tanggal 10 Mei sampai dengan 15 Juni 2021,” ujarnya.

Berbagai persiapan kegiatan lainnya dalam rangkaian acara Gernas BBI/BWI terus diupayakan. Sejumlah kegiatan akan diselenggarakan seperti workshop pengembangan UMKM, digitalisasi donasi konservasi terumbu karang untuk pendukung wisata, serta pelatihan dalam rangka pemberdayaan ekonomi desa wisata.
Bank Indonesia bersama Pemerintah Daerah dan BNI46 telah bersinergi dan melakukan koordinasi intensif yang baik dan perlu senantiasa ditingkatkan. Melalui kesiapan kita semua, mari kita dukung Gernas BBI/BWI dengan menyebarluaskan tagline BBI/BWI, #PelangiSulawesi, #DiIndonesiaAja.(eda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here