Libur Lebaran, Stok Kebutuhan BBM dan LPG di Sulawesi Aman

Executive General Manager (GM) Pertamina (Persero) Regional Sulawesi, Rama Suhut, saat memberikan keterangan pers
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Menjelang hari besar keagamaan Idul Fitri 1442 Hijriah, PT Pertamina (Persero) Regional Sulawesi memastikan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG akan tercukupi.

Executive General Manager (GM) Pertamina (Persero) Regional Sulawesi, Rama Suhut, melalui zoom meeting kepada media menyatakan agar masyarakat tidak perlu kuatir akan kekurangan sumber energi.

Bacaan Lainnya

“Masyarakat tidak perlu kuatir kekurangan sumber energi selama libur Idul Fitri,” ungkap Rama dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Rama menyebut, meski ada larangan dan pengetatan perbatasan, namun hal itu tidak mempengaruhi distribusi BBM dan LPG.
Hal itu diikuti dengan membentuk Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) PT Pertamina (Persero).

“Meski perbatasan arus transportasi diperketat namun distribusi BBM tetap berjalan normal, sehingga ketersediaan dalam jumlah yang cukup,” sebut Rama sembari menambahkan bahwa untuk memastikan ketersediaan stok, Pertamina telah membentuk tim Satgas yang akan bekerja dari 26 April hingga 30 Mei 2021 mendatang.

“Satgas akan berperan memantau ketersediaan stok BBM, baik di SPBU hingga dashboard fuel terminal,” tukasnya.

Dalam mendistribusi, pertamina menjamin ketercukupan energi bagi masyarakat berupa titik SPBU yang menjadi jalur utama wisata dan jauh dari supply point , memastikan stok produk BBM dan LPG dalam kondisi aman baik di Terminal BBM maupun terminal LPG.

“Kami juga memastikan stok produk BBM dan LPG dalam kondisi aman baik di terminal BBM maupun terminal LPG. Juga
menyiagakan outlet produk unggulan, seperti Pertamax Turbo dan Pertamina Dex) di setiap kabupaten/kota,” kata Rama.

Untuk mencukup kebutuhan BBM dan LPG, sambung Rama, Pertamina tidak bekerja sendiri. Melainkan tetap berkoordinasi dengan instansi terkaitterkait, yakni Kepolisian dan pemerintah daerah.

Rama merinci kesiapan Satgas RAFI 2021, yang mencakup layanan BBM dan layanan LPG, yakni 42 SPBBE, 290 Agen PSO Siaga, 67 Agen NPSO Siaga, 3.400 Pangkalan Siaga. Untuk layanan Avtur tersedia di
7 DPPU. Selanjutnya untuk menjaga ketersediaan Pelumas di SPBU. Sarfas Distribusi (TBBM : 17, TLPG : 7), SPBU Kantong (13 titik), SPBE Kantong (16 titik), Mobile Dispenser/PTO (9 Unit), Pertashop (107 unit), Motor Kemasan/PDS (22 titik),
BBM Satu Harga (24 titik) dan layanan Cashless Payment di semua titik.

Pertamina juga memberikan layanan kepada masyarakat melalui layanan tambahan BBM dan LPG berupa SPBU Kantong (13 titik), SPBE Kantong (16 titik), Mobile Dispenser/PTO (9 Unit), Pertashop (107 unit), Motor Kemasan/PDS (22 titik),BBM Satu Harga (24 titik), Layanan Cashless Payment di semua titik layanan SPBU, dan Memberlakukan Agen dan Pangkalan Siaga.

Sebagai upaya untuk mengedukasi dan berbagi pada masyarakat, Pertamina memberi Program Marketing yang terdiri dari 4 layanan berupa Layanan BBM yang terdiri dari Berbagi Berkah MyPertamina, Cashback BBK melalui MyPertamina, dan Program Langit Biru. Kemudian ada Layanan LPG berupa Pertamina Delivery Service (PDS) 135, Pinky Movement, Diskon Refill dan Trade In, Layanan Avtur (operational excellence) serta layanan Lubricants berupa Promo pembelian produk Lubricants.

Sementara itu, di tengah kondisi pandemi, Pertamina memastikan titik layanan sesuai protokol Covid-19, melalui penyemprotan desinfektan, penyediaan hand sanitizer, disiplin 3M, pengukuran suhu, membagikan masker dan takjil secara gratis untuk konsumen di titik layanan tertentu. Juga
melakukan imbauan dan sosialiasi melalui
layanan Call Center 135 dan layanan melalui
social media.

Pertamina juga melakukan pelayanan masyarakat melalui layanan tambahan BBM dan LPG. Pertamina menjamin ketercukupan energi bagi masyarakat di 448 SPBU Reguler, 3 SPBU COCO, 12 CODO, 22 SPBU Mini / Modular, dan 124 SPBU Kompak dan 81 SPBUN.(hilda)

 

banner 300x250