Dari Giat lomba Menulis Cerita, Honandar Ajak Warga Bitung Gemar Membaca

IMG-20210818-WA0009

Wakil Walikota Hengky Honandar didampingi Kadis Perpustakan Eugenia Mantiri, saat menyerahkan piala ke salah satu siswa di kegiatan Lomba Menulis Cerita

Bitung, Sulutreview.com- Mendukung akan arahan dari Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM agar seluruh warga di Kota Bitung jangan meninggalkan minat baca. Sebab dengan membaca akan menambah literasi kita dalam peningkatan wawasan.

Bacaan Lainnya

Arahan Walikota Bitung tersebut, nampaknya terus diingat oleh Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar SE untuk terus digaungkan di berbagai kesempatan, agar budaya membaca jangan ditinggalkan namun terus dilakukan di masa saat ini.

Buktinya pada kegiatan Lomba Menulis Cerita tingkat SD/MI dan SMP/MTs yang digagas Dinas Perpustakaan Bitung dalam rangka Hari Pendidikan Nasional pada sambutan Wakil Walikota yang menghadiri langsung kegiatan mewakili Walikota Ir Maurits Mantiri MM pada Kamis (06/05/2021).

Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar SE dalam sambutanya sangat mengapresiasi Lomba Menulis Cerita yang dilakukan Dinas Perpustakaan Bitung.

“Hal ini akan menjadi dasar bagi para siswa SD dan SMP untuk dapat terus rajin belajar amat terlebih membaca,” katannya.

Hengky mengatakan membaca tidak hanya berlaku pada siswa saja, melainkan seluruh masyarakat untuk dapat meningkatkan budaya membaca apa saja. “Sebab menurut Pak Walikota bahwa dengan membaca dapat menambah literasi kita terhadap wawasan apapun dan dapat mengubah akan cara pandang, cara berpikir, sikap kita agar memang menjadi seorang yang berbudaya dalam hal peningkatan pemikiran yang profesional,” katany.

Untuk itu, sambung Honandar bahwa mari mulai saat ini. “Saya mengajak kepada seluruh warga Bitung agar dapat meningkatkan gemar membaca buku dan membaca apa saja demi menambah payung wawasan kita,” ujarnya

Selain itu, di moment penyerahan piagam di Lomba bahwa menulis cerita adalah merupakan bagian dari proses Pendidikan, sementara Pendidikan memiliki fungsi yang krusial bagi anak-anak yaitu untuk mengembangkan kemampuan serta peradaban untuk mencerdaskan.

“Dalam menulis sangatlah penting dalam meningkatkan kemampuan literasi karena dari membaca akan memahami dan bisa membiasakan diri untuk menuliskan apa yang diketahui dari membaca dana pengalaman yang dilihat sehari-hari,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya mempunyai karakter yang dibentuk melalui pola Pendidikan baik Pendidikan formal maupun Pendidikan non formal yang mengacu pada pembelajaran peningkatan moral dan intelektual, Ketrampilan serta kreativitas dengan melibatkan peranan keluarga sekolah.

“Lomba ini tidak hanya menjadi kompetisi, tetapi juga menjadi pembelajaran untuk terus mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan dari masing-masing peserta,” kata Hengky.

Usai sambutan Wakil Walikota, Kepala Dinas Perpustakaan Dra Eugenia Mantiri SP.d menyampaikan banyak terimah kasih atas kedatangan dari Bapak Wakil Walikota Bitung di kegiatan Lomba Menulis Cerita saat ini.

Hadir juga pada kegiatan Asisten I, Frangky Ladi SSTP Kepala Sekolah, sejumlah guru pembimbing dan siswa siswi pemenang lomba.

Selain itu, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Bitung, Eugenie N. Mantiri, S.Pd, MAP membacakan laporan singkat lomba menulis cerita Tingkat SD/MI dan SMP/MTs Se-Kota Bitung dan membacakan rekap penilaian lomba menulis cerita pendek.(zet)

banner 300x250