Kandouw : Pariwisata Jangan Pernah Kendor

Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw bersama Wakil Ketua Dekranasda Kartika Devi Kandouw-Tanos saat meresmikan gedung Dekranasda Likupang
IMG-20210818-WA0009

Likupang, Sulutreview.com – Pernyataan menarik dilontarkan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven OE Kandouw, agar pariwisata tetap berkibar dan ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi, di tengah pandemi Covid-19.

“Giat pariwisata di Sulut harus tetap on fire, jangan pernah kendor,” katanya saat menghadiri Gebyar Dekranasda Sulut yang dirangkaikan dengan peresmian Graha Dekranasda Sulut di Desa Kinunang, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kamis (8/4/2021).

Bacaan Lainnya

Kandouw yang didampingi Wakil Ketua Dekranasda Sulut dr Kartika Devi Kandouw-Tanos, kembali menyampaikan bahwa perhatian pemerintah pusat atas pembangunan sektor pariwisata di Sulut termasuk pembangunan home stay di Likupang, sangat besar.

“Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR telah memilih Desa Kinunang ini untuk membangun home stay-home stay. Ini bukti bahwa perhatian pusat sangat besar,” ujarnya.

Untuk itu, Kandouw berharap agar output dan outcome harus sama-sama berjalan.

“Semoga pendirian gedung ini akan memberikan outcome yang banyak untuk usaha-usaha kepariwisataan di Desa Kinunang ini,” kata Kandouw.

Menurut Kandouw, pembangunan home stay menunjang sektor pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang.

“Ini sudah on the track, kita jangan hanya ada output dan tidak ada outcome, jangan sudah jadi home stay dan tidak ada nilai lebihnya,” ujarnya.

Kandouw optimis bahwa road map pariwisata Sulut tetap terbuka, apalagi didukung dengan penetapan KEK Likupang sebagai salah satu dari 5 destinasi wisata super prioritas di Indonesia.

“Semoga semangat kita ini selalu di berkati oleh Tuhan dan sama seperti ini, supaya sustainable atau berlangsung terus-menerus,” tandasnya.

Lebih jauh, Kandouw juga meminta adanya pendampingan baik dari pengrajinnya, pembuatnya, sampai yang membelinya serta juga dari ASITA (Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies) dan Masata untuk bersama-sama bekerja sama mengembangkan sektor pariwisata.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dekranasda Sulut dr Kartika Devi Kandouw -Tanos menutup bimbingan pelatihan teknis kerajinan anyaman daur ulang plastik di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala OJK Sulut, Ketua Dharma Wanita Persatuan Sulut, Kadisperindag Edwin Kindangan, Staf khusus gubernur bidang pariwisata Dino Gobel, Wakil Ketua Dekranasda Minut, dan Ketua Ketua Ketua Dekranasda Kabupaten Kota Se-Sulut.(srv)

banner 300x250