Kuliah Umum Praja IPDN, Fatoni Bahas Revolusi Industri 4.0

0
74
Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni

Minahasa, Sulutreview.com – Civitas akademika Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menggelar kuliah umum di Ruang Rapat Utama IPDN Kampus Sulut, Desa Tampusu, Kabupaten Minahasa, Jumat (13/11/2020).

Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni mengatakan bahwa manajemen pemerintahan daerah harus dipahami secara benar, visi misi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, prioritas, kegiatan dan termasuk di dalamnya bagaimana roadmap revolusi industri 4.0 di Indonesia.

Ia juga menegaskan tentang pentingnya peningkatan kapasitas dan peningkatan kemampuan sebagai bekal penting untuk seluruh praja IPDN dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Fatoni memotivasi civitas akademika IPDN Sulut untuk menggunakan waktu sebaik mungkin, membekali diri dan mengejar prestasi di dunia pendidikan.

“Saya bergarap ade-ade semua di seluruh kampus Sulut ini dan kalau bisa di seluruh praja semuanya bisa sampai S3,” ajaknya pada kuliah umum yang mengangkat tema Manajemen Pemerintah Daerah Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Indonesia Maju 2045 digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Berkaitan dengan pembekalan diri, Fatoni meminta kepada segenap audiens yang hadir khususnya praja IPDN agar memiliki kemampuan hard skill dan soft skill yang dibutuhkan dalam era revolusi industri 4.0.

“Hard skill mengenai kemampuan teknis, ilmu, keterampilan perlu kita tingkatkan,” ucapnya.

“Kemudian soft skill itu sering disebut dengan bakat atau kemampuan non teknis bagaimana kita belajar menyampaikan atau mengatakan sesuatu dengan positif tidak melihat sesuatu dari negatif,” lanjutnya.

Di samping itu, juga diingatkan untuk terus menerus meningkatkan kompetensi, baik itu manegerial maupun teknis.

“Kita perlu membentuk kompetensi baik manegerial maupun kompetensi teknis,
Manajerial itu kita perlu bentuk dari diri kita, kita yang mengabdi, kalau kompetensi teknsi di semua tempat berbeda-beda di suatu tempat kita harus belajar di tempat itu kita harus beradaptasi,” terangnya.

Lebih lanjut, Fatoni meminta kepada mahasiswa untuk memiliki kecakapan yaitu cepat tangkap, responsif, antisipatif, inovatif dan intuisi.

Semua peserta kuliah umum diharapkan untuk tetap mengemban sebaik-baiknya setiap tugas yang dipercayakan.

“Kadang kala kalau kita bekerja itu kita ingin penghargaan, ingin jabatan, ingin dipuji, itu tidak penting bagi kita, kerja saja,” katanya.

“Tujuan kita adalah bagaimana kita bekerja dengan maksimal dan sebaik-baiknya,” kuncinya.

Hadir dalam kuliah umum tersebut Direktur IPDN Kampus Sulut Noudy Tendean, Bupati Tulang Bawang Provinsi Lampung Winarti serta jajaran pejabat Pemprov Sulut.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here