KPU Sulut Sukses Gelar Debat Publik Pertama

0
152
Suasana debat publik yang ditayangkan di youtube

Manado, Sulutreview.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebagai badan penyelenggara pemilihan umum (pemilu) sukses menggelar debat publik calon gubernur dan wakil gubernur Sulut 2020, sesi pertama di Makatete Hills, Minahasa, Kamis (5/11/2020).

Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh membuka kegiatan debat calon sesi pertama. Dia meminta kepada ketiga pasang calon (paslon) untuk melakukan debat sacara santun.

“Kepada para paslon silahkan untuk berdebat terkait tema. Dalam berdebat bukan berati menjelek-jelekkan, berdebat bukan untuk menebar kebohongan, berdebat bukan untuk menyebar kebencian. Tapi berdebatlah dengan santun untuk kemajuan daerah kita Sulawesi Utara,” kata Ardiles

Debat calon ini dimulai pada pukul 15.30 WITA sampai pukul 17.30 WITA dan ditayangkan lewat kanal youtube dan facebook resmi milik KPU Sulut.

Pada debat pertama ini, KPU Sulut berhasil menuntaskan lima segmen tema, sebagai materi yang didebatkan oleh tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur Sulut yakni, kesehatan masyarakat,
pencegahan bencana alam, pengembangan wilayah, infrastruktur daerah serta penanganan, pencegahan, dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Tiga pasangan calon, Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL), Vonny Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene (VAP-HR), Olly Dondokambey-Steven Kandow (OD-SK), masing-masing paslon ini saling menunjukan wawasan dalam memberikan dan menjawab pertanyaan dari paslon yang lain.

Dalam debat calon ini, KPU Sulut tetap mengedepankan protokol kesahatan Covid-19 (3 M), yakni mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

“Ini debat publik pertama yang memang terbatas dan menggunakan protokol Covid-19,” tegas Yessy Momongan

Selain itu, KPU Provinsi Sulawesi Utara mempercayakan Founder Mata Bicara, Reidy Sumual sebagai moderator dalam Debat Calon sesi pertama.

Turut hadir dalam debat calon hari ini, para komisioner KPU Provinsi Sulut, Meidy Yafeth Tinangon, Salman Saelangi, Yessy Yatty Momongan dan Lanny Anggriany Ointu, Bawaslu Sulut, serta para pendamping dari masing-masing paslon.

Dari informasi yang ada bahwa debat publik antar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara akan dilakukan sebanyak 3 segmen, yaitu segmen I, Kamis (5/11/2020), dengan tema debat, kesehatan masyarakat,  pencegahan bencana alam, pengembangan wilayah, infrastruktur daerah serta penanganan, pencegahan, dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Untuk segmen II, bakal digelar Rabu (11/11/2020), dengan tema debat,  kesejahteraan masyarakat, pendidikan dan penanggulangan kemisikinan, ekonomi, industri, pendidikan dan teknologi, UMKM dan koperasi serta gender, disabilitas dan anak.

Segmen III, akan dilaksanakan Selasa (17/11/2020), tema debat, menuju Sulawesi Utara aman, tertib yang berkeadilan dalam bingkai NKRI (pemerintahan daerah, supremasi hukum, politik, keamanan, dan koperasi).(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here