Peringati Maulid Nabi, Pjs Gubernur Fatoni Ajak Tokoh Agama Cegah Penyebaran Covid-19

0
58
Pjs Agus Fatoni mengajak tokoh agama putus mata rantai Covid-19

Manado, Sulutreview.com – Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si., menghadiri Tabligh Akbar, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H, di Hotel Sintesa Peninsula, Manado, Kamis (29/10/2020).

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Pemerintah Provinsi Sulut dan Pengurus Hari-hari Besar Islam (PHBI) Sulawesi Utara (Sulut), mengambil tema Optimalisasi Dakwah Semangatkan Kerukunan dan sub tema Rasulullah Teladan Untuk Semua.

Ustaz Yusuf Mansur hadir sebagai pendakwah dalam tabligh akbar yang diikuti oleh hampir seluruh ketua ormas Islam di Sulut.

Menurut ketua umum PHBI Sulut Syahrul Poli, dalam laporannya menyampaikan alasan diangkat sub tema ini karena banyak hal yang dilakukan oleh Rasulullah perlu diteladani oleh kita semua.

Diketahui, memperingati Maulid Nabi adalah untuk mengenang warisan atau peranan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Mengenang teladan Nabi, akhlak yang mulia yaitu tetap berdoa, beristigfar, dan menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim.

Mengawali sambutannya, Pjs. Gubernur Agus Fatoni menyampaikan apresiasi kepada seluruh tokoh agama yang selama ini telah ikut menjaga kerukunan di Sulut sehingga tetap aman dan kondusif, dan menjadi salah satu daerah paling toleran di Indonesia.

Dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19, Fatoni menerangkan bahwa pemerintah melakukan langkah 3T (“testing” pemeriksaan, “tracing” pelacakan, dan “treatment” pengobatan) untuk mengetahui penularan Covid-19 dan mencegahnya, dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid.

Lebih lanjut Fatoni mengajak seluruh tokoh agama untuk menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat Sulut dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, yaitu dengan mensosialisasikan dan mengedukasi kepada masyarakat dan umat Islam khususnya untuk taat serta disiplin melaksanakan protokol kesehatan 4M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan).

“Marilah kita terus berusaha dan bekerja untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ajaknya.

Dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember mendatang, Fatoni menghimbau kepada para tokoh agama untuk dapat membantu mensukseskan pelaksanaan Pilkada ini yaitu dengan mengawal proses Pilkada agar berjalan dengan lancar. Fatoni juga mengajak seluruh peserta tabligh akbar untuk dapat menggunakan hak pilihnya demi kemajuan daerah ini.

“Mari kita kawal Pilkada di Sulut agar berjalan dengan baik. Mari gunakan hak pilih kita, dan memilih pemimpin yang terbaik, yang akan memimpin dan memajukan daerah kita,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Forkopimda Sulut, Kakanwil Kemenag Sulut Anwar Abubakar, serta pimpinan instansi vertikal. (Dkips)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here