Jullie Sondakh Ajak Pelaku UMKM Desa Tateli Bangkit di Masa Pandemi

0
101
Ketua Tim Dr. Jullie Jeannete Sondakh, SE. MSi. Ak. CA. CPA, mengajak pelaku UMKM di Desa Tateli III bangkit untuk meningkatkan ekonomi di masa pandemi

Tateli, Sulutreview.com – Tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsrat telah melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) kepada UMKM di Desa Tateli III Kabupaten Minahasa.

Meski dalam masa pandemi Covid-19, sehingga membatasi ruang gerak aktivitas. Namun hal itu tidak menjadi kendala berarti. Terbukti cukup banyak para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menyempatkan waktu untuk hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di sore hari.

Hukum Tua Desa Tateli III, Stanly Gumalang bersama Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tateli III, Chykozammy Mamoto, STh., turut hadir dalam kegiatan ini. Berikut Pdt. Dr. Meike Mey Mamangkey, SH. MTh. MPd., yang menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan, sekaligus telah membuka dengan doa dan menyambut tim pengabdian dengan penuh kasih.

Pada kesempatan ini, Ketua Tim Dr. Jullie Jeannete Sondakh, SE. MSi. Ak. CA. CPA, menjelaskan bahwa hampir semua sektor terdampak pandemi Covid-19 termasuk di dalamnya UMKM.

“Untuk itu, Stimulus pemerintah khususnya Pemerintah Daerah telah membantu UMKM agar bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19, dengan memberikan bantuan sosial, keringanan pajak dan relaksasi kredit pada bank milik pemerintah yang diharapkan bisa meningkatkan daya beli masyarakat,” jelasnya.

Kebangkitan UMKM di masa pandemi Covid-19, sambung Sondakh diyakini mampu mempercepat pemulihan ekonomi daerah. “Sebagai UMKM yang adalah juga seorang petani misalnya, yang ada di Desa Tateli III diharapkan bisa meningkatkan nilai tambah hasil pertanian melalui program petik, olah, kemas dan jual dengan memanfaatkan stimulus pemerintah daerah yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga petani,” tukasnya.

Kepada para pelaku UMKM, Sondakh mengharapkan tetap semangat dalam menghadapi pandemi ini.

“Diharapkan pelaku bisa melewati keadaan ini, dan berharap tahun depan sudah bisa beraktivitas seperti semula,” tandasnya.

Sementara itu, Hukum Tua Desa Tateli III, Stanly Gumalang mengapresiasi dan mensupport kegiatan pengabdian kepada masyarakat. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa khususnya bapak ibu UMKM yang hadir dan berharap desa Tateli III akan tetap dipilih kembali untuk diadakan kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Meily Yoke Betsy Kalalo, SE. Ak. MSA. CA, selaku anggota tim pengabdian mengucapkan terima kasih kepada semua yang sudah hadir, yakni Hukum Tua Desa Tateli Tiga Stanly Gumalang, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tateli III Chykozammy Mamoto, STh., Gembala Pdt. Dr. Meike Mey Mamangkey, SH. MTh. MPd., dan Sudarson Sondang, SPwK., STh., yang telah menutup kegiatan ini dengan doa. Juga kepada mahasiswa Rendy F. Himber dan Shania Natassya Manopo, yang ikut berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here