David Lalandos Buka Kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Selam yang Digelar Disparbud Mitra

0
241
Disparbud Mitra saat menggelar pelatihan pemandu wisata selam

Mitra, SULUTREVIEW – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar pelatihan bagi para pemandu Wisata Selam yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) desa Pangu, Kecamatan Ratahan Timur, dari tanggal 5 Oktober- 10 Oktober 2020.

Pelatihan ini di buka secara langsung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Mitra David H Lalandos AP.MM. Dan dalam sambutan Sekda Mitra David H Lalandos AP.MM mengatakan, dengan mewabahnya Covid-19 yang seanteru dunia. Sehingga sudah memasuki bulan Oktober, belum ada tanda akan berakhir. Maka kegiatan ini tetap dengan protokol kesehatan.

“Karena sakit ini datang tidak bisa kita lihat, kalaupun bisa kita lihat pasti sudah mampu diatasi. Karena saya memintakan kita semua jangan pandang enteng Covid-19,” ungkap Lalandos.

Lalandos juga mengatakan, bagi para pelaku wisata, terlebih khusus lagi para pemandu wisata selam, saat ini sementara giat-giatnya mempromosikan wisata di Mitra seperti, Pulau Punten, Gunung Soputan, Pulau Lakban.

“Karena pada tahun anggaran 2020 pemerintah pusat lewat data alokasi khusus mengalokasikan anggaran di Mitra terlebih khusus lagi pelatihan bagi masyarakat. Didalamnya para pemandu wisata selam di Kabupaten Mitra,” kata Lalandos.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Mitra Sartje Taogan mengatakan, kegiatan pemandu wisata selam diambil dari dana alokasi khusus Kementrian.

“Untuk kedepan nanti para wisatawan akan masuk ke Kabupaten Mitra khususnya wisata laut. Kami Disparbud Mitra sudah menyiapkan pemandu wisata selam,” jelas Taogan.

Kepala Bidang pemasaran Nop Tumiwan,S.Pd dalam laporan panitia mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dibidang pariwisata lebih khususnya pemandu-pemandu wisata yang profesional dan menguasai pariwisata di Mitra.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memajukan pariwisata daerah dalam penyajian informasi yang menarik. Dan diharapkan peran masyarakat agar memiliki jiwa sadar wisata untuk pengembangan destinasi-destinasi wisata, dan menjadikan Mitra sebagai daerah tujuan wisata terbaik di Sulawesi Utara,” pungkas Tumiwan. (*/Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here