Silangen Resmi Gantikan Andrei Angouw

0
114

Manado, Sulutreview.com – Posisi Ketua DPRD Sulawesi Utara (Sulut) Andrei Angouw resmi digantikan dr Fransiskus Silangen, Sp.B, KBD, untuk periode 2019-2024.

Pergantian tersebut mengacu surat DPP PDI Perjuangan tanggal 29 September 2020, Nomor 2229/IN/PDIP/IX/2020 perihal pengesahan dan penetapan Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara Victor Mailangkay, menyampaikan pergantian didasarkan pada penetapan, di mana Angouw telah ditetapkan oleh KPU Kota sebagai calon Walikota Manado.

“Berdasarkan surat yang masuk dari PDI Perjuangan Provinsi Sulawesi Utara, Nomor 62 tanggal 1 Oktober 2020 itu, ditandatangani langsung oleh Ketua Bapak Olly Dondokambey S.E, dan Sekretaris Frangky G. Wongkar, S.H”, ungkap Mailangkay.

Selanjutnya Politisi Partai Nasdem ini menyampaikan bahwa surat ini berdasarkan hasil keputusan dari Partai PDI-Perjuangan.

“Intinya ada beberapa pertimbangan, yakni pertama Peraturan DPP PDIP, Surat dari PDI Perjuangan Sulawesi Utara, Hasil psykotes dan Keputusan rapat DPD PDI Perjuangan tanggal 28 September 2020”, ujar Victor Mailangkay.

Melalui kesempatan ini DPP PDI Perjuangan menegaskan, mengesahkan, dan menetapkan dr. Fransiscus Silangen, Sp.B, KBD, sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara periode 2019-2024
dari PDI Perjuangan.

Selain perihal surat pengisian lowong jabatan Ketua DPRD Provinsi Sulut DPD PDI-Perjuangan juga sudah menyurat tentang Pergantian Antar Waktu (PAW) sebagai Anggota Dewan yang ditinggalkan oleh Andrei Angouw dan Richard Sualang.

“Kemudian surat yang kedua yaitu, Pergantian Antar Waktu sebagai anggota dewan, dari Bapak Andrei Angouw diganti Ibu Agustine Kambey. Ini berdasarkan surat DPP juga yang menegaskan hal itu. Dan oleh DPD PDI Perjuangan Provinsi Sulawesi Utara meneruskan surat itu ke dewan, dan surat yang ketiga, surat yang sama juga,
ditandatangani yang sama PAW dari dr. Richard H. Sualang diganti Hilman Firmansyah Idrus, jadi ini surat masuk”, tegas Politisi senior ini.

Mailangkay pun berkomitmen untuk segera memproses surat yang masuk tersebut.

“Sesuai komitmen kami, ketika ditetapkan dalam rapat paripurna sebagai Plt. Ketua DPRD, maka kami harus secepat mungkin memproses PAW pimpinan dan anggota dewan, secepat mungkin sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Dan komitmen itu kami wujudkan 30 menit sesudah surat masuk. Maka, kami mengadakan konferensi pers supaya wartawan tahu dan disebarkan,” tukasnya.

“Kita akan memproses secepatnya surat ini, sesuai dengan mekanisme peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan saya berharap secepatnya PAW dari tiga partai yang lain, segera dimasukan dan diproses secepatnya sesuai aturan yang berlaku,” tutup Mailangkay.(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here