Jalan Tol Manado-Bitung, Gagasan SHS yang Diwujudkan Olly

0
173

Manado, Sulutreview.com – Jalan Tol Manado-Bitung yang dinanti-nantikan masyarakat Sulawesi Utara, pada akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (29/09/2020).

Acara yang dilangsungkan di pintu tol Maumbi tersebut turut dihadiri Pjs Gubernur Sulawesi Utara Dr. Drs. A. Fatoni M.Si dan Forkopimda.

Ruas Tol Manado-Bitung dengan total panjang 40 km, merupakan yang terpanjang di Pulau Sulawesi saat ini, dengan nilai Investasi mencapai 5,12 triliun. Di mana ruas konstruksi Manado-Airmadidi sepanjang 15 km didanai oleh APBN Kementerian PUPR, sedang ruas Airmadidi-Bitung sepanjang 25 km dilaksanakan oleh PT. Jasa Marga,
dikerjakan dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha.

Lanjut kata presiden jalan Tol Manado-Bitung ruas jalan Manado-Danowudu, sepanjang 26 km sudah selesai.

“Sudah rampung dan sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan kegiatan transportasi masyarakat”, ungkap Presiden Jokowi.

“Kalau waktu tempuh perjalanan yang biasanya membutuhkan waktu 1,5 jam kini semakin cepat. Bahkan hanya ditempuh selama tiga puluh menit saja. Sangat cepat, menjadikan pengguna jalan lebih nyaman. Juga pengaruhnya besar termasuk lapangan kerja bagi masyarakat meningkat,” sebut Presiden Jokowi.

Balik ke belakang, awalnya jalan Tol ini tidak diminati oleh investor, sampai kemudian Olly Dondokambey tampil, mendapatkan solusi pendanaan, duduk bersama pihak-pihak pelaksana, bekerja sama untuk bangun Jalan Tol Manado-Bitung.

Pada akhirnya, menjadi catatan sejarah, 29 September 2020 Tol diresmikan dan dioperasionalkan sehingga pengguna jalan dapat menikmati sarana jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu.

Hal yang wajar ketika ada ungkapan ucapan terima kasih kepada Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, yang saat ini sedang cuti Pilkada.
Sebelumnya telah merintis dengan segala daya dan upaya mengawal secara berkesinambungan dan menggerakkan serta memberdayakan semua Potensi yang ada.

Sehingga atas kerja keras dan kerja cerdas yang dipimpin oleh Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, kini apa yang diidam-idamkan oleh masyarakat Sulut dapat terwujud dan dinikmati oleh semua masyarakat di Bumi Nyiur Melambai.

Diketahui, penggagas jalan Tol ini tak lepas dari peran Sinyo Harry Sarundajang, pemerintah pusat dan Presiden Joko Widodo yang telah memotivasi, sehingga pembangunan jalan Tol dapat dioperasikan dengan mendapatkan gratis masuk selama 2 minggu.

Hal ini menjadikan Sulut Semakin Hebat, Indonesia Maju.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here