KPU Sulut Matangkan Persiapan Kampanye Pilkada 2020

0
131

Manado, Sulutreview.com – Mekanisme pelaksanaan kampanye pemilihan kepala daerah (pilkada) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di tengah pandemi menjadi agenda yang diseriusi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Rakor yang dibuka oleh Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh, juga dihadiri utusan partai-partai politik, pendukung bakal paslon, Polda dan Kesbangpol Sulut ini, poin pentingnya adalah membahas berbagai teknis pelaksanaan kampanye pilkada.

Ketua Bawaslu Sulut, Dr Herwyn Malonda pada kesempatan itu, menguraikan mekanisme pelaksanaan kampanye Pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19, harus memperhatikan jumlah peserta.

“Kapasitas jumlah peserta yang mengikuti pertemuan atau rapat tertutup, wajib memperhatikan protokol Covid-19,” katanya saat menghadiri rakor yang membahas ‘Persiapan Kampanye Pilkada Sulut’ di Hotel Four Points by Sheraton, Kota Manado, Kamis (17/9/2020).

Metode pengawasan Bawaslu dalam kampanye, sebut Malonda diharuskan memperhatikan kapasitas ruangan, jumlah peserta kampanye dan penyebaran Alat Peraga Kampanye (APK).

“Bawaslu juga meningkatkan pengawasan kampanye lewat iklan atau media sosial (medsos). Meningkatkan pengawasan terkait pidana dalam pemilihan,” ujarnya.

Bahkan yang tak kalah pentingnya, sebut Malonda adalah koordinasi dengan TNI dan Polri.

“Hal ini sangat penting untuk mencegah penyebaran Covid-19 di setiap proses kampanye yang dilakukan pasangan calon (Paslon),” tukas Malonda.

Malonda juga mengingatkan agar kepala daerah yang menjabat dapat menerapkan protokol kesehatan secara masif.

Hal itu harus didukung juga oleh seluruh tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat lainnya.

“Selain kualitas pengawasan protokol Covid-19, Bawaslu juga meningkatkan kualitas pengawasan tahapan kampanye berdasarkan kepastian hukum dan asas Pemilu yang baik dan benar sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya.(lina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here