Dandel Warning Penyebaran Covid-19 di Masa Kampanye Pilkada

0
131
dr Steaven Dandel MPH

Manado, Sulutreview.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memulai tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020. Dan dipastikan akan ada masa kampanye yang akan melibatkan banyak orang maupun kerumunan.

Karenanya, untuk menghindarkan ancaman penyebaran Covid-19, Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr Steven Dandel MPH mengingatkan agar masyarakat dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru, tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

“Yang dimaksud dengan tatanan hidup baru yaitu  bukan kembali pada kondisi kehidupan sebelum adanya Covid-19. Tatanan hidup baru yaitu beraktivitas tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Ini penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya saat menghadiri rapat koordinasi persiapan kampanye pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulut tahun 2020 yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Sulut di Four Point Hotel, Kamis (17/9/2020).

Dandel berharap adanya sosialisasi yang dilakukan secara gencar kepada masyarakat tentang arti dari tatanan hidup baru (new normal), bahwa pandemi Covid-19 masih berlangsung. Bahkan jumlah penyintas terus bertambah setiap hari.

“Perlu sekali dari Satgas Provinsi Sulut sampai ke kabupaten/kota untuk mensosialisasikan bahwa pandemi ini belum selesai, bahwa yang disebut tatanan hidup baru bukan kembali kepada kondisi kehidupan sebelum ada Covid, itu salah besar,” tegas Dandel.

Dalam proses pelaksanaan tahapan pilkada ini akan terjadi dinamika dan situasi di mana ada potensi terjadi penyebaran Covid-19.

“KPU dan stakeholder terkait dalam hal ini Satgas adalah menghasilkan aturan hukum untuk kendali transmisi. Jadi aturan hukumnya dimaksudkan untuk mencegah terjadinya dampak dari covid-19.” tutup Dandel.

Diketahui, dalam rapat koordinasi ini dibahas beberapa hal yakni menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dalam kampanye dan landasan-landasan hukum dalam pilkada.(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here