KPU Sulut Agendakan Rapat Pleno Terbuka DPS

0
107
Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh

Manado, Sulutreview.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebagai penyelenggara pemilihan umum (pemilu) 2020, berkomitmen untuk melaksanakan tahapan demi tahapan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Tahapan selanjutnya adalah menyelenggarakan rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020, yang digelar di Four Points Hotel selama dua hari, mulai dari tanggal 15 September sampai 16 September 2020.

Ketua KPU Provinsi Sulut Dr Ardiles Mewoh SIP MSi mengatakan KPU saat ini sudah memulai tahapan rekapitulasi DPS di 15 kabupaten/kota. Hal itu dilaksanakan sesuai dengan peraturan KPU yang mengatur jadwal tahapan pilkada.

“Kegiatan pleno terbuka ini sudah disampaikan kepada seluruh undangan termasuk pada stakeholder dalam hal ini pemerintah daerah, didukcapil, TNI, Polri, semua yang berkepentingan pada daftar pemilih ini,” ungkap Mewoh, Selasa (15/9/2020).

Selain itu, Mewoh juga mengatakan telah memberikan undangan ke Bawaslu termasuk parpol yang dapat hadir mengikuti rapat pleno rekapitulasi DPS secara terbuka.

Di sisi lain, KPU Sulut mengakui adanya beberapa catatan penting dari Bawaslu Provinsi Sulut yakni saran untuk melakukan penundaan rekapitulasi DPS.

Menanggapi saran penundaan rekapitulasi DPS dari Bawaslu, Mewoh ingin agar jadwal semua tahapan dalam pilkada 2020 ini berjalan sesuai dengan rencana.

Menurut Mewoh jika ada satu tahapan yang tertunda maka itu akan berdampak sampai di akhir.

Untuk itu tahapan rekapitulasi DPS pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 2020 akan tetap dilaksanakan dan akan berkoordinasi dengan Bawaslu.

“KPU berkeinginan melaksanakannya sesuai jadwal. Pleno DPS sudah berlaku dari tingkat desa, kecamatan sampai di kabupaten/kota dan sekarang kita tinggal melakukan rekapitulasi,” tandasnya.

“Kita tidak berkeinginan tahapan ini terhambat atau tertunda oleh karena permintaan saran dari Bawaslu. Tapi kita akan membahasnya untuk menghargai saran itu,” tutup Ardiles.(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here