Wilayah Rawan Bencana di Mitra Akan Dipasang Rambu Peringatan Dini Bencana

0
127
Martos Saturuma

Mitra, SULUTREVIEW – Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), akan memasang rambu peringatan dini bencana, sebagai langkah antisipasi bagi masyarakat yang tinggal dekat dengan wilayah-wilayah rawan bencana.

Kepala BPBD Mitra Welly Mononimbar melalui Kepala bidang Pencegahan dan kesiapsiagaan Martos Saturuma mengatakan, pemasangan rambu peringatan dini bencana, sebagai langkah antisipasi bagi masyarakat yang tinggal dekat dengan wilayah-wilayah rawan bencana.

“Pemasangan rambu tersebut, nantinya akan dipasang di seluruh titik rawan bencana di Mitra yang sudah masuk indikator rawan bencana. Jadi di rambu itu nanti ada tanda rambu rawan longsor, titik kumpul, jalur evakuasi dan lainnya,” ujar Martos Saturuma, Senin (14/9/2020)

Adapun tujuan dari pemasangan rambu tersebut lanjutnya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana. Artinya masyarakat sudah memiliki pengetahuan terhadap daerah mana saja yang rawan terjadi bencana, pada saat musim hujan dan lainnya.

Lanjutnya, meski bencana alam tidak dapat diprediksi kapan itu terjadi, namun lewat pemasangan rambu tersebut diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kehati-hatiannya.

“Untuk sementara, pemasangan rambu baru pada tiga titik yakni di Desa Wongkai, Desa Kali, dan Desa Poniki. Kita lakukan bertahap, dengan kita memasang rambu ini, tentunya kami berharap bisa mengurangi risiko dari bahaya bencana yang akan terjadi dan masyarakat juga tahu bagaimana nanti dia mengamankan diri,” tukas Martos Saturuma. (Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here