Pleno KPU Sulut, Tiga Bapaslon Belum Memenuhi Syarat

0
216
Pleno KPU dilakukan secara terbuka, para bapaslon diwajibkan perbaiki dokumen

Manado, Sulutreview.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebagai penyelenggara pemilihan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur (wagub) 2020, telah memasuki tahapan verifikasi.

Kali ini KPU melakukan tahapan, yakni rapat pleno verifikasi persyaratan pendaftaran dan syarat calon di kantor KPU Sulut  yang dilakuka secara live lewat youtube, Minggu (13/9/2020).

Dari hasil verifikasi KPU Sulut dalam rapat pleno, ketiga bapaslon yang mengikuti tahapan pendaftaran masih didapati sejumlah kekurangan, alias belum memenuhi persyaratan.

Yakni pasangan Olly Dondokambey – Steven Kandouw (Olly-Steven) yang diusung oleh partai PDIP, Gerindra, PKB dan PSI dan di dukung oleh PPP dan Perindo.

Selanjutnya, Christiany Eugenia Paruntu – Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) di usung oleh partai Golkar dan di dukung oleh Demokrat dan PAN.

Berikut, Vonnie Anneke Panambunan – Hendry Runtuwene (VAP-HR) yang diusung oleh partai NasDem.

“Hari ini kita memberitahukan hasil penelitian verfikasi syarat calon, yang sudah dihadiri oleh partai pengusul. Ada juga bakal calonnya yang hadir. Terhadap hasil verfikasi itu, ketiga bapaslon yang mendaftar pertama, kedua dan ketiga kita masih memberikan status belum memenuhi syarat,” ungkap Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, Senin (14/9/2020).

Lanjut Mewoh,  KPU Sulut akan memberikan waktu bagi ketiga bapaslon untuk melengkapi dan memperbaiki semua dokumen-dokumen sesuai dengan ketentuan yang telah tertulis dalam PKPU.

“Selanjutnuya kami akan membuka perbaikan syarat calon mulai besok. Yakni pada 14 hingga 15 September hingga Pukul 16.00 Wita dan pada 16 September sampai pukul 24.00 Wita. Diharapkan bapaslon bisa melakukan perbaikan segera seluruh dokumen-dokumen yang kita nyatakan belum memenuhi syarat, sehingga waktu yang tersedia bisa di manfaatkan dengan baik,” jelas Mewoh

Turur hadir dalam rapat pleno Pimpinan Bawaslu Sulut, Kenly Poluan dan staff, hadir juga anggota KPU Sulut Lanny Ointu, Yessy Momongan, Meidy Tinangon, Salman Saelangi, sekretaris, kabag dan staf.(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here