Bapaslon Diberikan Tenggat Waktu Tiga Hari Perbaiki Administrasi

0
122
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulut, Dr Herwyn JH Malonda

Manado, Sulutreview.com – Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah menetapkan hasil verifikasi persyaratan administrasi dari tiga bakal pasangan calon (bapaslon) gubernur dan wakil gubernur yang telah mendaftar, di mana hasilnya dinyatakan belum memenuhi syarat.

Dalam tahapan verifikasi, ketiga bapaslon yang akan bertarung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi Sulut itu, diketahui ada berkas administrasi yang harus dilengkapi.

Untuk itu, kepada tiga bapaslon disarankan untuk secepatnya melakukan perbaikan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulut, Dr Herwyn JH Malonda saat dikonfirmasi oleh wartawan Sulutreview.com, menyebutkan agar ketiga bapaslon segera melengkapi berkas administrasi.

“Ketiga bakal pasangan calon diberikan waktu untuk segera melengkapi dan memperbaiki berkas-berkas administrasi yang telah disyaratkan,” ungkap Malonda,
di kantornya Senin (14/9/2020).

“Perbaikan dapat disampaikan sesuai aturan yang ditetapkan, dengan tenggat waktu selama 3 hari. Yaitu dari tanggal 14-16 September 2020. Dan bagi bakal pasangan calon dapat melengkapi dan memperbaiki berkas administrasinya. Mudah-mudahan dalam tiga hari ini dapat dilengkapi.” Jelas Malonda

Kemudian terkait adanya ijasah yang belum dilegalisir, hal itu tidak akan dipakai dalam penetapan calon.

“Kalau ada yang memasukkan ijazah S1, S2, S3 namun tidak dilegalisir itu tidak akan dipakai dalam penetapan calon. Yang paling penting kan syarat calonnya minimal SMA.” tutup Malonda

Diketahui, tiga bapaslon yang mendaftar ke KPU, yakni pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw (Olly-Steven) yang diusung oleh partai PDIP, Gerindra, PKB dan PSI dan di dukung oleh PPP dan Perindo.

Selanjutnya, Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) di usung oleh partai Golkar dan di dukung oleh Demokrat dan PAN.

Berikut, Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene (VAP-HR) yang diusung oleh partai NasDem.(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here