Hasil Survey LSI, Elektabilitas Olly-Steven Masih Tangguh

0
96
Olly-Steven masih dipercaya masyarakat dari berbagai kalangan

Manado, Sulutreview.com – Meski tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 masih pada tahapan verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), namun bakal pasangan calon mulai menunjukkan kapasitasnya.

Bahkan.sejumlah lembaga survey mulai menyodorkan hasil analisanya. Sebut saja,
Survei KCI-Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network, yang menyebutkan pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (Olly-Steven) berada jauh di atas dua bakal pasangan calon lainya yakni Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dan Vonnie Anneke Panambunan (VAP) dengan perbandingan 6:0.

Ikrama yang menjadi narasumber dalam konferensi pers Hasil Temuan dan Analisis Survei KCI-Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network, menjelaskan, hasil survei ini berdasarkan pengambillan data yang dilakukan pada 6 kantong pemilih pada tanggal 22 hingga 29 Agustus 2020.

Dia menjelaskan, keenam kantong pemilih penting tersebut adalah kalangan pemilih emak-emak, dan agama yang mencakup Muslim, Protestan, milenial, kalangan terpelajar dan tiga etnis besar yaitu Minahasa, Sangir/Talaud, dan Bolaang Mongondow (Bolmong).

“Yang pasti, meski semua kandidat menciptakan peningkatan elektabilitas, namun paslon OD-SK menang jauh di atas paslon CEP dan VAP dengan skor 6:0,” ujarnya Minggu 13 September 2020.

Elektabilitas Olly-Steven berada pada angka 68,1%, sementara elektabilitas CEP-Sehan sebesar 16.9% dan VAP-Hendry sebesar 7,2%. Mereka yang belum menentukan pilihan tersisa 7.8%.

Dia menambahkan, dengan skor 6:0 untuk Olly-Steven pada enam kantong pemilih penting, maka dua penantangnya harus kerja keras dengan konsep pendekatan lebih kreatif dan lompatan besar.
Jadi, kata Ikrama, hasil dari survei kedua ini, bahwa dari 6 kantong pemilih penting, Olly-Steven unggul 6:0 dibandingkan para penantang.

“Keperkasaan Olly di 6 kantong pemilih didongkrak dari tingkat pengenalan dan kesukaan yang terus meningkat, meningkatnya approval rating atas pemerintahan ODSK, di mana persepsi kepuasaan meningkat dan ketidakpuasan terhadap jalannya pemerintahan Olly-Steven yang menurun. Ketiga, unggulnya aspek kepribadian Olly yang dipersepsikan sebagai pribadi yang pintar, berwibawa, mampu mengambil keputusan menyenangkan,” sambungnya.

Dia menambahkan, pada intinya, periode Agustus 2020, secara total elektabilitas Olly-Steven masih unggul.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here