KPU Sulut Buka Kotak Tanggapan, Hasilnya Kosong

0
113

Manado, Sulutreview.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara telah selesai melaksanakan tahapan pendaftaran dari tiga Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Sebagai penyelenggara, KPU memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, dengan menyediakan kotak tanggapan. Harapannya masyarakat dapat memberikan masukan terkait pendaftaran yang telah usai dilaksanakan.

Untuk memastikan dan mengetahui sejauh mana atensi masyarakat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut mendatangi kantor KPU Provinsi Sulut yang kemudian disambut oleh Komisioner KPU Sulut, Meidy Yafet Tinangon SSi MSi untuk membuka kotak tanggapan masyarakat dan disaksikan juga oleh pihak keamanan pada pukul 18.07 Wita, Jumat (11/9/2020).

Namun ketika dibuka, kotak tanggapan masyarakat yang disediakan tidak ada isinya alias kosong.

Tinangon menjelaskan bahwa masih ada waktu bagi masyarakat sampai tanggal 21 September 2020 untuk memberikan tanggapan terkait syarat pencalonan dari tiga bakal pasangan calon (Bapaslon).

“Hari ini kita sudah membuka kotak tanggapan masyarakat dan sudah  disaksikan oleh Bawaslu, pihak keamanan dan juga teman-teman pers, ternyata sampai hari ini tidak ada tanggapan dari masyarakat yang masuk di kotak tanggapan,” katanya.

Meski demikian, Tinangon mengatakan masyarakat diberikan kesempatan untuk menanggapi berbagai hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pilkada 2020.

“Kami masih akan menunggu sampai tanggal 21 September nanti, masih ada kesempatan untuk masyarakat memberikan tanggapan terkait dengan apa yang sudah di umumkan yaitu syarat calon dan syarat pencalonan dari tiga bakal pasangan calon yang mendaftar utk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara,” jelas Tinangon

Anggota Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan ini, juga menjelaskan bahwa sesuai dengan peraturan KPU tentang pencalonan yang mengatur bahwa tanggapan masyarakat paling lambat sampai dengan 1 hari.

“Tepatnya, sebelum melaksanakan rapat pleno hasil verifikasi dokumen syarat-syarat. Karena tanggal 23 nanti kita akan menetapkan pasangan calon yang memenuhi syarat berdasarkan hasil verifikasi dokumen syarat calon,” tandasnya.(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here