Pendaftaran KPID Sulut Dibuka, Ini Syaratnya

0
187

Manado, Sulutreview.com – Pendaftaran calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) masa kerja 2021-2023 secara resmi telah dibuka.

Stevanus Vreeke Runtu (SVR) selaku Ketua Tim Seleksi KPID yang ditunjuk oleh Komisi I DPRD Provinsi Sulut,  menyampaikan pembukaan pendaftaran dan tahapan-tahapan seleksi yang nanti akan dijalani oleh calon anggota KPID yang akan mendaftarkan diri.

“Pendaftaran akan dibuka selama 1 bulan, yakni dari tanggal 19 Agustus sampai 19 September 2020. Jika sudah terpenuhi 21 orang, maka akan kami seleksi. Namun jika belum terpenuhi jumlah 21 orang maka akan diperpanjang 15 hari lagi,” jelas SVR.

Tugas dari Tim Seleksi (Timsel) KPID Sulut adalah menyeleksi 21 calon anggota KPID. Kemudian dari 21 nama calon KPID masih akan di pilih lagi hingga mendapatkan 7 nama calon komisioner KPID.

Adapun tahapan seleksi yang harus dilewati para calon anggota KPID, yaitu tes tertulis, wawancara dan
psikotes dan administrasi.

“Seleksi awalnya adalah seleksi administrasi. Jadi kalau adminstrasinya tidak lengkap sudah pasti digugurkan dan syaratnya harus sarjana (S1) tidak boleh dari politisi dan dari kalangan PNS (legislatif-yudikatif),” ungkap SVR.

Diketahui berdasarkan pasal 10 ayat 1 Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang penyiaran. Persyaratannya adalah sebagai berikut :

1. Warga Negara Republik Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
2. Setia kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.
3. Berpendidikan Sarjana atau setara S1.
4. Sehat jasmani dan rohani.
5. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan baik tidak tercela.
6. Memiliki kepedulian, pengetahuan dan/atau pengalaman dalam bidang penyiaran.
7. Tidak terkait langsung atau tidak langsung dengan kepemilikan media massa.
8. Bukan anggota legislatif dan yudikatif.
9. Bukan pejabat pemerintah.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Vonny Paat yakin dan percaya bahwa timsel yang telah dibentuk akan bekerja secara profesional dan maksimal.

“Kami tidak akan mengintervesi apa yang menjadi tugas dari tim seleksi KPID Sulut. Yang pasti tim seleksi ini tugasnya menjaring 21 orang dan selanjutnya diserahkan ke DPRD untuk melakukan uji kepatutan mencari 7 orang yang akan duduk di kursi komisioner KPID Sulut,” terang Paat.(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here