Wagub Kandouw Pimpin Renungan Suci di TMP Kairagi

0
71

Manado, Sulutreview.com – Wakil Gubernur (wagub) Sulawesi Utara Sulut, Steven OE Kandouw memimpin apel kehormatan dan renungan suci untuk mengenang jasa para pahlawan dalam rangkaian memperingati HUT ke-75 RI di Sulut.

Apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, Minggu (16/8/2020) yang dimulai tepat pukul 24.00 Wita berlangsung khidmat.

Acara diawali dengan perhormatan kepada arwah pahlawan, dilanjutkan dengan pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci, mengheningkan cipta, pembacaan doa dan penghormatan kepada arwah pahlawan.

Dengan diterangi lampu TMP Kairagi, Inspektur Upacara Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci dengan penuh khidmat.

Dalam pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci, Irup menyampaikan penghormatan kepada para pahlawan atas keikhlasan dan kesucian sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.

Setelah itu, Irup memimpin mengheningkan cipta. Seluruh peserta menundukkan kepala seraya mendoakan arwah para pahlawan yang telah rela berkorban dengan tulus ikhlas merebut kemerdekaan RI

Adapun sesuai pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci diungkapkan jumlah pahlawan yang dikebumikan di TMP Kairagi diantaranya, yaitu 618 pahlawan dari TNI-Polri, 23 pejuang rakyat dan warga sipil 35 orang.

Kepala Dinas Sosial Sulut Rinny Tamuntuan bersyukur apel kehormatan renungan suci dapat terlaksana dengan baik kendati berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

“Kami bersyukur acara dapat berjalan lancar. Ini merupakan agenda tahunan, setiap menjelang peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk tahun ini, kegiatan apel kehormatan dan renungan suci terbatas sesuai protokol kesehatan,” kata Tamuntuan.

Adapun apel kehormatan dan renungan suci turut dihadiri Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here