Gubernur Apresiasi Kinerja Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut

0
155
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut),  menyelenggarakan rapat Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS)  di ruang rapat DPRD Sulut, Kamis (13/8/2020)

Manado, Sulutreview.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut),  menyelenggarakan rapat Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS)  di ruang rapat DPRD Sulut, Kamis (13/8/2020)

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengapresiasi seluruh kinerja pimpinan dan anggota DPRD Sulut atas terlaksananya rapat paripurna,  dalam rangka penyampaian KUA PPAS dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD) 2021.

“Saya menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada ketua, para wakil ketua dan segenap anggota DPRD Provinsi Sulut atas terselenggaranya rapat paripurna ini, sekaligus memperkenankan saya menyampaikan penjelasan terkait KUA PPAS Provinsi Sulut tahun anggaran 2021,” kata Olly.

Gubernur, dalam penyampaian KUA PPAS 2021 Provinsi Sulut, menyampaikan tahun 2021 kondisi perekonomian daerah, dipastikan akan membaik.

Hal itu akan ditopang oleh sektor pertanian, perikanan, kelautan dan kehutanan tetap bertumbuh positiv dan memberikan kontribusi terbesar terhadap pembentukan struktur perekonomian daerah.

Selain itu sektor pariwisata juga akan terus digerakkan dengan membangun fasilitas sarana prasarana mulai dari bandara, jalan, jembatan, akses penghubung objek – objek  wisata serta mempersiapkan dan memperdayakan masyarakat lokal sekitar kawasan wisata.

Begitu juga dengan UMKM dan IKM skala rumah tangga akan terus di dorong untuk meningkatkan pendapatan masyarakat pada akhirnya akan berpengaruh terhadap pergerakan ekonomi global.

Berdasarkan asumsi-asumsi tersebut maka ditahun 2021 diharapkan pertumbuhan ekonomi sulut akan mencapai 4%-6%, angka inflasi akan dikendalikan pada angka 3%, tingkat kemiskinan pada kisaran 7%-8%, angka pengangguran pada kisaran 6%-7% dan IPM Sulut dapat di pertahankan pada angka 72.

Gubernur juga berharap agar kemitraan dengan DPRD Sulut akan terus terjaga dalam harmonisasi,

“Ke depannya mari kita terus pelihara harmonisasi kemitraan yang saling membangun antara legislatif dan eksekutif sebagai wujud nyata, tanggung jawab bersama dalam memajukan dan mensejahterakan daerah,” tutup Olly.

Di akhir rapat KUA PPAS, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Andrei Angouw menginformasikan bahwa tahapan selanjutnya untuk pembahasan KUA PPAS dan APBD tahun anggaran 2021 akan dibahas bersama tim anggaran pemerintah daerah.

“Sesuai amanat peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah dan peraturan DPRD Provinsi Sulawesi Utara nomor 2 tahun 2019 tentang tata tertib DPRD bahwa pembahasan KUA PPAS dan APBD dilakukan oleh tim anggaran pemerintah daerah bersama badan anggaran  dewan,” jelas Andrei.(jelina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here