Detik-detik Proklamasi, Masyarakat Wajib Hentikan Aktivitas Sejenak

0
122

Manado, Sulutreview.com – Menjelang Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75, masyarakat diwajibkan untuk menghentikan aktivitasnya sejenak.

Seluruh masyarakat diharapkan untuk turut menghormati peringatan tersebut dengan mengambil sikap sempurna pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB atau 11.17 Wita.

“Peran dari pemerintah daerah diperlukan keterlibatan pemda, TNI, Polri secara teknis untuk mengingatkan masyarakat umum agar melakukan sikap sempurna menjelang pukul 10:17 WIB pada tanggal 17 Agustus 2020, serta menggaungkan acara HUT Kemerdekaan RI ke-75 dengan kegiatan outdoor pemda,” ungkap Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori melalui rapat online yang diikuti Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Karo Umum Pemprov Sulut, Clay Dondokambey, Karo Adpim Dantje Lantang dan perwakilan Kodam XIII/Merdeka, pada Rabu (29/7/2020).

Pada kesempatan itu, Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori menerangkan latar belakang perayaan HUT kemerdekaan RI ke-75 sebagai momentum kebangkitan rasa cinta tanah air.

“Ini adalah cara yang tepat untuk menumbuhkan semangat rasa cinta dan bangga sebagai anak bangsa ditengah suasana pandemi Covid-19,” kata Hudori.

Menurut Hudori, Kemendagri telah menyampaikan edaran lewat radiogram dan koordinasi melalui rapat vidcon untuk mengarahkan dan memonitor pelaksanaan rangkaian peringatan HUT RI ke-75 di seluruh Indonesia.

Tambah dia, peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 mendatang akan tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan keterlibatan aktif seluruh masyarakat akan dilakukan secara virtual.

Rapat secara virtual ini juga diikuti Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen.

Sebelumnya, Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo menegaskan bahwa pelaksanaan kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 kendati sederhana namun penuh hikmat.

Perayaan HUT RI ke-75 juga dirangkaikan dengan pelaksanaan lomba perayaan Kemerdekaan mengusung tema: ‘Cinta Indonesia’ dengan tagline ‘kerja bersama kita bangkit’ dan untuk konsep : merayakan/memeriahkan HUT ke-75 tahun Kemerdekaan RI dengan mempercantik lingkungan dan tetap menjaga protokol kesehatan serta menunjukkan rasa cinta Indonesia.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan tema peringatan HUT RI ke-75 mengambil tema Indonesia Maju dengan logo yang terinspirasi dari simbol perisai Garuda Pancasila. Makna Indonesia Maju adalah representasi dari Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Adapun pedoman identitas visual serta logo HUT Kemerdekaan RI ke-75 dapat diunduh publik melalui situs www.setneg.go.id.(hil/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here