Sambangi Bawaslu Bitung, Mochammad Afifuddin Ingatkan Utamakan Keselamatan di Tengah Covid-19

0
210

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin saat mengunjungi kantor Bawaslu Bitung

Bitung, Sulutreview.com
Selain tugas utama pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) adalah pengawasan, proses jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) agar dapat berjalan dengan aman dan lancar. Akan tetapi, ditengah Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, keselamatan jiwa manusia yaitu Tim Bawaslu pun wajib diutamakan.

Demikian disampaikan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, yaitu Ketua Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Mochammad Afifuddin S.Th.I. M.Si, disela-sela kunjungannya di Kantor Bawaslu Kota Bitung Minggu (26/07/2020).

Suasana sharing yang dipimpin Bawaslu RI Mochammad Afifuddin

Terpantau sejumlah wartawan kedatangan Anggota Bawaslu RI ini bersama rombongan, langsung dijemput oleh Ketua Bawaslu Kota Bitung Deiby Londok serta Kedua Anggota Sammy Rumamby MAP dan Zulkiefly Densi SP.d.

Sebelum masuk kantor, Anggota Bawaslu RI dan rombongan di cegat salah satu staff untuk diperiksa suhu tubuh dan mengarahkan untuk cuci tangan.

Dalam percakapan singkat dengan pihak Bawaslu Bitung, Afifudin mengatakan bahwa pihaknya mengharapkan selain tetap fokus dalam pengawasan akan tetapi protocol kesehatan dalam rangka Pandemi Covid-19 harus tetap diutamakan oleh seluruh petugas Bawaslu dan juga Panwaslu.

“Memang dengan adanya Covid-19 saat ini, tugas Bawaslu bertambah yaitu pengawasan dan juga untuk tetap menjalankan protocol kesehatan tetap juga seiring sejalan. Sebab intinya keselamatan kita harus kita utamakan,” kata Afifuddin.

Bawaslu RI Dan Tim Pimpinan Bawaslu Bitung serta Sekretaris Bawaslu Foto bersama dengan gaya unik menerawang

Ada beberapa pertanyaan yang dilayangkan oleh anggota Bawaslu Bitung sebagaimana disampaikan Zulkiefly Densi terkait masalah teknis Coklit Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih.

Apalagi Ketua Bawaslu Deiby Londok pun mengatakan ada juga beberapa anggota Panwas Kelurahan Dan Desa (PKD) dalam hasil test Rapid juga ada yang reaktif yang terpaksa diistirahatkan. “Mereka sudah di Swab tapi sampai saat ini hasilnya belum ada dan akan segera kami tanyakan ke Gugus Tugas Pemkot Bitung,” kata Londok.

Mendengar akan apa yang disampaikan pihak Bawaslu Bitung apalagi soal ada staff yang reaktif. Menurut Afifuddin hal tersebut adalah sudah menjadi masalah Nasional. “Sebab masalah ini tidak hanya di Bitung saja terjadi. Melainkan banyak daerah di Indonesia mempunyai hal yang sama. Intinya hal tersebut harus dapat diselesaikan sesuai aturan Protocol Covid-19,” ujar Afifuddin.

Tim Bawaslu Bitung bersama Bawaslu RI menyatakan siap menjalankan tugas mengawasi Pilkada Bitung

Usai sharing-sharing Afifuddin langsung melongok ke sekitar kantor Bawaslu untuk memantau suasana dalam kantor bahkan dapur pun menjadi sasaranya.

Tak hanya itu saja, di halaman belakang kantor menjadi tempat favoritnya untuk melakukan foto Selfie bersama rombongan.

Usai melakukan kunjungan ke kantor Bawaslu Bitung, rombongan pamit pulang untuk beranjak ke rumah Kopi Biji Itang milik salah satu anggota Bawaslu Bitung.

Sementara itu Ketua Bawaslu Bitung Deiby Londok, Sammy Rumamby dan Zulkiefly Densi mengatakan bahwa maksud kunjungan Anggota Bawaslu RI ini yaitu supervisi untuk mengecek akan kesiapan pengawasan Pilkada ditengah Covid-19. “Bapak Afifuddin mengingatkan agar Bawaslu dapat selalu siap dalam menjalankan pengawasan Pilkada akan tetapi juga mengutamakan keselamatan kita juga di masa Pandemi Covid-19 ini. Dan hal itu akan kami tindaklanjuti,” kata Londok.

Tak lupa juga, dirinya mengucapkan banyak terimah kasihnya atas kunjungan Anggota Bawaslu RI Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bapak Mochammad Afifuddin STh.I. M.Si dan rombongan dan jajaran Bawaslu Provinsi Sulut serta pengurus Bawaslu di Sulut lainya.

Usai melakukan kunjungan ke Kantor Bawaslu Bitung, Afifuddin bersama rombongan, beranjak menuju Kedai Kopi Biji Itang yang sedang branding di Kota Cakalang Bitung, yang berada di wilayah Kecamatan Maesa yaitu kompleks Nabati.(zet/Advetorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here