Kelompok Petani Cabai Pulau Lembeh Titip Salam Kepada Gubernur Olly

0
198

Petani cabai di pulau lembeh

Bitung, Sulutreview.com
Sejumlah kelompok tani, khususnya petani Cabai atau kerap disebut rica di Pulau Lembeh Kota Bitung Sulawesi Utara (Sulut). Masih terus, bertahan dengan mengelola secara mandiri meski di saat Pandemi Covid-19 yang masih melanda saat ini.

Menariknya, penelusuran wartawan Sulutreview.com dari beberapa kelompok Tani Cabai yang ada di Pulau Lembeh, didapati ada 3 kelompok Petani Cabai yang sudah hampir puluhan tahun belakangan ini, belum ada satu pun perhatian dari Pemerintah yang memberikan bantuan minimal bibit dan pupuk kepada beberapa kelompok Petani Cabai di Pulau Lembeh tersebut.

Buktinya ada kelompok tani cabai dengan nama ‘Sembau Horo’ di Kelurahan Paudean Kecamatan Lembeh Selatan, mengaku bahwa memang sejak mereka bercocok tanam cabai sampai saat ini. Sudah panen beberapa kali namun memang belum ada bantuan dari Pemerintah.

Denny Limietang selaku pemilik kelompok Sembau Horo, memang mengakui pihaknya membentuk kelompok tani cabai ini, “kami tidak mengharapkan dan tidak mempermasalahkan, akan adanya bantuan pemerintah atau tidak, sebab kami mencoba bercocok tanam secara mandiri,” tandasnya.

Denny mengatakan bahwa teknis dirinya menggairahkan sektor pertanian ini, karena melihat banyak potensi pertanian di Pulau Lembeh ini. “Jadi saya menyiapkan dananya, kemudian petani cabai ini yang mengelolanya. Beruntung dari hasil garapan dan cocok tanam cabai ini, kami sudah bisa merasakan hasilnya yang sampai ini kisaranya sudah mencapai puluhan juta,” kata Liemitang Selasa (07/07/2020) saat berada di kebun cabai di Paudean.

Meskipun demikian sambung Denny, dirinya merasa bangga dan berbahagia karena bisa juga membantu para petani dari sisi kesejahteraan kehidupan mereka.

Selain itu juga, sesekali beberapa Petani Sembau Horo pun menyampaikan titip salam kepada Bapak Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE sekiranya melihat akan kondisi para kalangan Petani khususnya petani Cabai di Pulau Lembeh.

Kadis Pertanian Kota Bitung Drs Sonny Wenas mengatakan, bahwa memang untuk bantuan kepada kelompok tani khususnya Cabai memang sampai saat ini belum ada bantuan. “Sebab yang ada hanya bantuan bibit pekarangan saja bukan kebun dengan skala hektar,” ujarnya.

Wenas menambahkan kalau bantuan di Provinsi Sulut kemungkinan besar ada bantuan untuk kelompok-kelompok tani. “Kalau Dinas Pertanian Pemkot Bitung hanya menyediakan bibit bantuan untuk pekarangan saja,” singkatnya.(zet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here