DP2KB Mitra Siap Sukseskan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

0
293
Kisman Junus

Mitra, SULUTREVIEW – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Minahasa Tenggara (Mitra) telah siap menggelar program bertajuk ‘Pelayanan KB serentak sejuta akseptor’. Hal ini juga dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2020.

Kepala DP2KB Mitra Kisman Ahmad Junus mengatakan, program nasional yang akan dilaksanakan serentak di seluruh provinsi pada Senin 29 Juni 2020 pekan depan, bertujuan untuk meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas.

“Kami sudah berkonsultasi dengan Sekretaris Daerah Mitra David Lalandos, dan Pak Sekda minta agar sosialisasi terus dilakukan sehingga program nasional ini dapat dimanfaatkan oleh warga di Kabupaten Mitra yang membutuhkan. Sebab ini juga merupakan komitmen pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta mitra kerja lainnya tentang KB,” ungkap Kisman Junus, Selasa (23/6/2020).

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk kegiatan yang akan dilakukan oleh pihaknya, berkaitan dengan pelayanan KB, baik peserta KB baru, ganti cara, dan ulangan. Kegiatan ini juga dilakukan dengan maksud meningkatkan capaian peserta KB baru, sekaligus menjaga keberlangsungan pemakaian kontrasepsi.

“Pelayanan serentak ini biasanya kami keluar daerah, namun karena pandemik COVID-19 maka diarahkan melayani di daerah. Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini akan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” jelas Kisman Junus.

Demi suksesnya kegiatan nasional ini, pihaknya juga sudah berkoodinasi dengan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di Kecamatan dan Petugas Pembantu Keluarga Berencana Desa (P2KBD) di desa.

“Pelayanan ini akan dilakukan di setiap Puskesmas. Khusus alat kontrasepsi dalam rahim spiral dan alat kontrasepsi bawah kulit implan, serta suntik sambil bekerja sama dengan intansi kesehatan. Kalau untuk di desa pelayanan hanya pil dan kondom,” pungkas Kisman Junus. (*/Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here