Koltem Minut Deklarasi Desa Tangguh Covid-19

0
484

Minut, SULUTREVIEW – Desa Kolongan Tetempangan (Koltem) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dideklarasikan sebagai desa tangguh Covid-19.

Berbagai terobosan banyak dikerjakan selama masa pandemi. Tidak hanya peduli memutus rantai penyebaran. Namun tetap menjaga ketahanan pangan. Makanya sangat layak jika desa ini mendapat apresiasi.

“Tak hanya fokus pada penanganan Covid-19, namun masyarakat Desa Koltem tetap produktif di masa pandemi. Ini patut diapresiasi,” kata Kapolres Minut AKBP Grace K.D. Rahakbau, S.IK, M.Si bersama para Pejabat Utama (PJU) Polres Minut, saat mengunjungi Desa Koltem Kecamatan Kalawat dan memberikan arahan kepada para perangkat Desa terkait kesiapan dalam menjalankan fungsi dan peran sebagai Desa Tangguh Covid-19, Rabu (17/06/2020).

Bukan hanya itu, sebagai desa yang peduli kesehatan, Desa Koltem sampai saat ini, masih zero Covid-19.

“Sampai saat ini Desa Koltem masih zero pasien Covid-19. Baik ODP (Orang Dalam Pemantauan) maupun PDP (Pasien Dalam Pengawasan),” ungkap Kapolres.

Untuk itu, Kapolres optimistis akan mengikutsertakan Desa Koltem dalam lomba yang digelar Polda Sulut, serangkaian HUT Bayangkara ke-74.

Dalam kunjungan ke Desa Koltem, Kapolres Minut juga mengunjungi lokasi perkebunan Desa Koltem dan melakukan panen hasil pertanian bersama Hukumtua Demas Kasegel dan jajaran perangkat desa.

Selain itu, dengan didampingi oleh Para PJU Polres Minut, Kapolsek Airmadidi AKP Stanley Rambing, SE dan Camat Kalawat Alexander Warbung, S.I.P, Wakapolres Kompol N.Piter Sasudame juga mengunjungi pusat perekonomian warga, seperti Pasar Koltem dan warung serta kios milik warga.

Kompol Sasundame kemudian mengimbau warga agar tetap disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan, karena Desa Kolongan Tetempangan merupakan pelopor Desa Tangguh Covid-19 di Kecamatan Kalawat.

Selanjutnya, di Kantor Desa Koltem, Kapolres Minut dan Wakapolres Minut memberikan arahan dan pembekalan kepada Hukumtua maupun Perangkat Desa agar tetap konsistensi dalam pelaksanaan peran sebagai Desa Tangguh Covid-19, seperti Tangguh Pangan,  Tangguh Sumber Daya Manusia terutama di Bidang Humas, Teknologi Informasi serta di bidang Kesehatan.

Terkait bidang Kesehatan, Kapolres Minut juga melakukan kunjungan ke Puskesmas Kolongan Kecamatan Kalawat dan memberikan dukungan kepada para petugas medis agar tetap semangat dalam memberikan pengabdian terbaik.

Pemerintah dan Masyarakat Desa Kolongan Tetempangan (Koltem) sangat mengapresiasi kegiatan kunjungan Polres Minut ke Desa mereka tersebut. Mereka berharap, Polres Minut dan jajarannya secara konsisten dan berkesinambungan akan terus memberikan pendampingan dalam menjalankan fungsi dan peranan sebagai Desa Tangguh Covid-19.

“Terima kasih Ibu Kapolres Minut dan jajaran, atas kunjungan dan bimbingannya, semoga seluruh masyarakat Desa Kolongan  Tetempangan dapat terus memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Minut,” ujar Hukumtua Koltem Demas Kasegel.

“Salut dan apresiasi kepada Hukum Tua Demas Kasegel, SekDes Frida Wehantouw. Bahkan seluruh Perangkat Desa dan Hansip, Ketua BPD Fredy Sirap SE dan Wkl Ketua, Sekretaris Renny Th Ontony serta seluruh anggota atas deklarasi Koltem sebagai Desa Tangguh Covid-19,” kata Denny Wowiling.(hil/brt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here