Pilkada 9 Desember, KPU Sulut Sudah Miliki Skema Anggaran

0
145
Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh

Manado, SULUTREVIEW – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut, Dr Ardiles MR Mewoh SIP MSi, menyatakan siap untuk melanjutkan tahapan agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sesuai rencana bakal digelar 9 Desember 2020.

Untuk menyongsong perhelatan politik tersebut, telah dibahas secara detail berbagai hal hingga kebutuhan anggaran.

Ketua KPU mengatakan bahwa sudah ada skema anggaran yang akan dibiayai dari APBN, APBD dan ada juga restrukturisasi anggaran yang sudah ada di KPU.

“Terkait anggaran yang akan dikeluarkan dalam pemilihan lanjutan, bahwa KPU Provinsi Sulut sudah memiliki skema anggaran untuk pemilihan yang akan diselenggarakan pada bulan Desember 2020 nanti,” kata Mewoh saat menjawab wartawan, Jumat (12/06/2020).

Untuk KPU Provinsi Sulut, sambung Mewoh, untuk kebutuhan pilkada telah menyiapkan dana tambahan sebesar Rp22 milliar,” ujar Mewoh.

Dari dana sebesar Rp22 milliar, untuk Rp10 milliar sudah bisa dibiayai oleh KPU sendiri melalui restrukturisasi anggaran, sedangkan sisanya dibiayai oleh pemerintah pusat.

Lebih lanjut lagi, Mewoh mengatakan bahwa pemilihan yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19, dengan anggaran Rp22 milliar itu belum termasuk anggaran untuk Rapid Test.

“Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemilih para penyelenggara harus melakukan Rapid Test dan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) dalam melaksanakan tugas mereka,” tutup Mewoh.

Sebelumnya, Mewoh mengatakan KPU Sulut telah melakukan rapat secara daring atau virtual yang dilakukan terkait dengan kebutuhan  anggaran untuk pemilihan lanjutan. Mengingat tambahan anggaran dalam pelaksanaan Pilkada kali ini, merujuk pada penerapan protokol kesehatan, yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Rapat daring itu diikuti Komisi 2 DPR RI, Mendagri, Menteri Kesehatan, Gugus Tugas Covid-19, KPU, Bawaslu, dan PPK sebagai penyelenggara.(jellina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here