Raih WTP Lima Kali, Piether Owu Mengaku Bangga Menjadi Murid JS

0
161
Piether Owu

Mitra, SULUTREVIEW – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam kinerja pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Atas prestasi itu, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sulut memberikan penilaian terbaik, dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), pada Senin (11/05/2020).

Capaian itu bukan instan tetapi melalui proses panjang dan kerja tim yang solid. Hal itu menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Mitra, di bawah kepemimpinan James Sumendap SH dan Wakil Bupati Drs Jocke Legi, benar-benar ingin membuktikan kepada rakyat bahwa Mitra terus bergerak cepat dalam berbagai sektor.

Kabupaten Mitra, bukan hanya sekedar bekerja tanpa makna, tetapi wujud totalitas itu dilakukan melalui komitmen dan integritas sehingga selama lima kali berturut-turut, menyusul upaya dan daya untuk mempertahankan opini BPK atas laporan keuangan tahun 2019.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkab Mitra itu, diserahkan langsung Kepala Perwakilan BPK RI Sulut Karyadi melalui video conference.

Atas capaian tersebut, JS mengapresiasi BPK karena dapat melakukan audit, yang diikuti dengan penyerahan LHP LKPD di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran BPK RI. Meski di tengah pandemi Covid-19 namun tetap melakukan tugas dan tanggung jawab untuk mengaudit pengelolaan keuangan. Bukan itu saja, kami juga menyampaikan terima kasih atas setiap input maupun kontribusi saran sehingga kami dapat menyusun LKPD dengan baik,” jelasnya.

Lebih jauh JS menegaskan setiap prestasi yang telah dicapai, khususnya dalam pengelolaan keuangan maupun aset daerah, tak lepas dari kerja keras seluruh jajaran yang ada.

Untuk itu, JS juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Sekretaris Daerah (sekda) Robby Ngongoloy dan seluruh jajarannya.

“Opini WTP dapat dicapai karena kerja keras dari seluruh jajaran stakeholder yang ada. Untuk itu terima kasih atas kerja sama yang ada. Kiranya ke depan akan semakin baik lagi,” tukasnya sembari berharap opini WTP akan mendorong pengelolaan keuangan daerah yang semakin transparan dan akuntabel.

“Opini WTP yang telah disampaikan BPK ini, diharapkan akan semakin mendorong Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara semakin penuh tanggung jawab terhadap manajemen pengelolaan keuangan. Pastinya semakin transparan, akuntabel, efektif dan efisien. Sebab itu menjadi kunci dalam mempertahankan WTP,” tandasnya.

Di sisi lain, JS juga memotivasi jajarannya untuk tidak jumawa dengan apa yang berhasil dicapai.

“Jangan jumawa dengan apa yang sudah dicapai. Tetapi marilah kita semua terus menjaga amanah rakyat Minahasa Tenggara. Jangan pernah mencederai kepercayaan yang ada di pundak kita. Selalu lakukan yang terbaik akan apa yang semestinya dapat dibenahi. Maksimalkan pengelolaan keuangan daerah. Sebab itu merupakan tanggung jawab moral kepada rakyat. Bahkan secara konstitusional terhadap negara,” urai JS.

JS juga menyampaikan Mitra yang terus bergerak cepat akan menghasilkan pemerintahan yang tangguh, yang endingnya akan mencetak kehidupan masyarakat dengan sumber daya manusia yang mumpuni.

“Sekali lagi, capaian opini WTP dari BPK-RI sepenuhnya dipersembahkan untuk rakyat Minahasa Tenggara. Untuk itu saya dan wakil bupati bahkan sekda mengajak masyarakat dan semua stakeholder untuk bersama menyukseskan program-program pemerintah daerah,” tukas JS

Terpisah, salah satu birokrat handal Pemkab Mitra Drs Piether Owu, mengaku sangat berbangga bisa menjadi bagian dari Pemkab Minahasa Tenggara yang dipimpin oleh Bupati, James Sumendap, SH Wakil Bupati Drs. Joke Legi, dan Sekda David Lalandos, AP.MM.

“Secara pribadi sangat bangga selama ini bisa menjadi murid dari James Sumendap dalam hal mengatur sistem pemerintahannya yang tepat sasaran dan bisa berbuah prestasi,” kata Owu.

Owu juga mengungkapkan, prestasi tersebut bukan suatu hal yang mudah untuk diraih oleh pemerintah daerah, apalagi ini dalam hal pengelolaan administrasi keuangan daerah.

“Bupati Sumendap sangat cocok dan patut menjadi panutan dari berbagai pihak, karena banyak pengalaman baru dan ilmu yang saya dapat dari Bupati. Langkah-langkah strategis dan program unggul yang selalu menjadi yang pertama, bisa jalan dengan hasil yang gemilang ditangan Bupati JS,” jelas Owu yang juga selaku Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Minahasa Tenggara. (*/Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here