JKN-KIS Gandeng BNI Berikan Layanan Autodebet di Tengah Pandemi Covid-19

0
221
Layanan autodebet mudahkan peserta membayar iuran

Manado, SULUTREVIEW

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), kini dapat melakukan pembayaran iuran JKN-KIS ke beberapa pos pembayaran antara lain Payment Point Online Bank (PPOB), Teller Bank dan Automethed Teller Machine (ATM).

Peserta dapat melakukan pembayaran secara otomatis tanpa menyulitkan atau terganggu karena lupa. Sehingga melalui otomatisasi menjadi salah satu alternatif yang membuat pembayaran tagihanmenjadi lebih mudah. Otomatisasi pembayaran dikenal sebagai auto debet.

Dalam pembayaran iuran JKN-KIS dapat juga dilakukan melalui auto debet melalui rekening Bank yang dimiliki peserta JKN-KIS. Pembayaran melalui proses auto debet hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

Pengembangan pun dilakukan melalui autodebet Bank dan Non-Bank. Salah satunya autodebet Bank Negara Indonesia (BNI).

“Walaupun saat ini dalam kondisi wabah Virus Covid-19 tetapi BNI Cabang Manado tetap setia melayani proses autodebet BPJS Kesehatan dengan jam operasional 09.00 – 14.00 WITA” ungkap  Sherly Kumentas Supervisor BNI Cabang Manado.

“Dalam proses pendaftaran autodebet BNI peserta JKN-KIS melampirkan foto copy Kartu Keluarga, foto copy Kartu Tanda Penduduk Pemilik Rekening, foto copy buku tabungan dan rekening koran 3 bulan terakhir, serta materai 6000 untuk surat kuasa autodebet,”  tambah Sherly.

Dengan adanya wabah Virus Covid 19 ini yang mengharuskan peserta dirumah, maka dengan autodebet BNI tentunya peserta tidak perlu keluar rumah dan antri untuk melakukan pembayaran manual. Peserta hanya perlu memastikan nomor rekening aktif dan memiliki saldo maka saldo agar dapat terpotong otomatis sesuai dengan jumlah iuran peserta.

“Dengan adanya auto debet iuran JKN-KIS peserta terhindarkan dari non aktifnya kartu JKN-KIS dengan demikian peserta juga tidak perlu khawatir dengan terkenanya denda pelayanan,” ucap Richard Lasut Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Manado.

Adapun jumlah peserta JKN-KIS yang melakukan pembayaran iuran JKN-KIS melalui auto debet sebanyak 14.481 Jiwa.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here