Diduga Ada Penambahan Data PKH Di Kecamatan Maesa, Give Mose Jelaskan Begini

0
273

Camat Maesa Herny Posumah dan Kadis Sosial Give Mose

Bitung, Sulutreview.com
Entah ini imbas akan adanya bantuan-bantuan sembako kepada pekerja informal di Kota Bitung Sulawesi Utara (Sulut) atau tidak?

Yang pasti saat ini, kabar diperoleh diduga bahwa di beberapa wilayah di Kota Bitung sudah melakukan pendataan dalam penambahan data tambahan untuk Program Keluarga Harapan (PKH).

Salah satunya di wilayah Kecamatan Maesa dimana beberapa warga mulai melakukan pengurusan administrasi melalui Kelurahan Bitung Barat II untuk bisa masuk pada data tambahan PKH.

Camat Maesa Herny Posumah SSTP ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan Selasa (14/04/2020) akan adanya kabar penambahan data PKH, dirinya membenarkannya akan tetapi untuk pendataannya pihak Kelurahan yang lebih tahu.

Apalagi ada beberapa warga Kelurahan Bitung Barat II yang mengeluhkan akan pelayanan dalam penambahan data tambahan untuk PKH dimana menurut sejumlah warga pihaknya diduga ditolak oleh Lurah Bitung Barat II dengan meremas surat pendataan karena tidak menerima data permohonan salah satu warga.

Hal ini pun langsung Camat Maesa Herny Posumah mengantar sejumlah wartawan untuk mengkonfirmasi langsung akan apa yang disampaikan warga tersebut.

Saat tiba di kantor Lurah yang kebetulan bersebelahan dengan Kantor Camat, Lurah Bitung Barat II Ferdy Janis langsung membantah jika dalam pelayanannya kurang baik.

“Begini, saat itu ada tiga ibu datang mengajukan permohonan pendataan PKH. Namun ada 1 Ibu statusnya hanya mewakili namun memang karena prosedur dalam pendataan PKH tambahan ini harus orang yang bersangkutan otomatis jika ada warga yang datang hanya mewakili saya tetap akan tolak. Sebab jangan sampai pendataan ini akan salah sasaran,” kata Janis.

Jadi disini kata Janis pihaknya hanya menjalankan prosedur tidak ada pilih kasih. Sebab pendataan ini dirinya tidak mau salah sasaran. “Jangan sampai hanya perwakilan kemudian orangnya yang sebenarnya masih dibilang mampu pasti kami akan disalahkan,” kata Janis.

Camat Maesa Herny Posumah SSTP membenarkan akan prosedure akan pendataan PKH ini dimana tidak boleh diwakilkan wajib yang bersangkutan yang datang langsung ke Kelurahan.

Secara terpisah Kepala Dinas Sosial Kota Bitung Give Mose AP MS.i saat dikonfirmasi apakah memang saat ini ada penambahan data PKH di Bitung dirinya sampaikan bahwa saat ini masih menunggu informasi. “Kami masih menunggu informasi dari pihak Kementrian Sosial,” singkat Mose melalui WhatsAPP.

Mose pun menjelaskan mungkin untuk di Kecamatan Maesa ini bukan penambahan PKH namun untuk penambahan data penerima bantuan pekerja informal yang saat ini mulai disalurkan oleh Pemkot Bitung yang memang saat ini telah dilakukan penambahan data tambahan.

“Ia ini mungkin saja miss komunikasi saja sebab memang untuk penambahan PKH saat ini belum ada. Akan tetapi pada video konfrens dengan Menteri Sosial lalu memang telah merencanakan perluasan penambahan data PKH namun sampai saat ini juklaknya belum ada sehingga diseluruh Kabupaten Kota termasuk Bitung belum ada surat ataupun Petunjuk Teknis dalam perluasan pendataan penambahan data PKH ini,” jelasnya.

Seperti diketahui beberapa warga di wilayah Kelurahan Bitung barat datang ke Kelurahan Bitung Barat II untuk mengajukan agar dapat dimasukan dalam penambahan PKH yang katanya ada penyampaian Presiden di TV bahwa saat ini akan ada penambahan PKH.(zet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here