Stop Pulkam Manado, Sayangi Keluarga Jangan Bawa Covid-19

0
856
Patung Yesus Memberkati, salah satu icon Kota Manado

Manado, SULUTREVIEW

Catatan angka pasien positif Coronavirus Disease (Covid-19) di Sulawesi Utara (Sulut) terus bertambah.

Bahkan berdasarkan laporan yang dirilis oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel MPH sudah mencapai 15 kasus.

“Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah bertambah dua orang, sehingga jumlahnya menjadi 15 orang, di mana sehari sebelumnya tercatat 13 orang,” kata Dandel via video conference yang digelar Sabtu (11/04/2020).

Tambahan dua orang pasien, yakni pasien ke-14, adalah seorang laki-laki, berumur 25 tahun asal Kabupaten Minahasa. Menurut Dandel, dia memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

Selanjutnya, pasien ke-15, seorang laki-laki, berumur 46 tahun yang merupakan warga Kota Manado. Dan yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan dari Makassar, Surabaya dan Kota Manado.

“Kedua pasien tidak mempunyai kontak erat dengan pasien-pasien sebelumnya. Saat ini mereka mendapatkan perawatan di ruang isolasi di RSUP Prof RD Kandou, sejak dua pekan lalu,” ungkap Dandel sembari menambahkan bahwa hasil laboratorium baru diketahui dan sudah disampaikan ke Satgas Covid-19 di pusat,” kata Dandel.

“Dengan demikian jumlah pasien yang dirawat saat ini ada 11 pasien yang sementara dirawat, dua pasien dinyatakan sembuh (setelah dua kali hasil negatif) dan dua pasien meninggal. Tujuh pasien diisolasi di RSUP Kandou dan empat pasien dirawat RS Wolter Monginsidi.

Pasien ke-14 itu berasal dari Kabupaten Minahasa, berjenis kelamin laki-laki, berumur 25 tahun dan memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta ke Manado.

Sementara pasien ke-15, berjenis kelamin laki-laki, berumur 46 tahun, warga Kota Manado, dan memiliki riwayat perjalanan dari Makassar, Surabaya dan Kota Manado.

“Pasien ke- 4 dan ke-15 ini berdiri sendiri dan tidak terkait dengan pasien-pasien sebelumnya. Hasil yang mengkonfirmasi positif telah ada satu hari lalu,” jelasnya.

Kedua pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu saat ini sudah diisolasi di RSUP Kandou.

Diketahui, berdasarkan rincian pasien positif Covid-19, untuk Manado 10 orang, Tomohon 2 orang Minahasa Utara 1 orang dan Minahasa 1 orang serta dan Bitung 1 orang.

“Dua pasien telah dinyatakan sembuh dan dua pasien meninggal. Tujuh pasien diisolasi di RSUP Kandou dan empat pasien dirawat RS Wolter Monginsidi.

Sementara itu menyikapi pergerakan virus yang cukup mengkhawatirkan tersebut, perlu diantisipasi. Terutama berkaitan dengan kepatuhan warga untuk tidak pulang kampung (pulkam) atau mudik, yang memiliki risiko atau peluang menyebarkan virus.

Sebelumnya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey telah mewanti-wanti masyarakat untuk tidak pulkam atau mudik ke Sulut. Bukan hanya masyarakat yang ada dari luar daerah maupun dari masyarakat yang ada di Sulut sendiri.

“Ini sudah disepakati bersama dengan seluruh kepala daerah yang ada untuk melarang aktivitas mudik. Jangan sampai hal ini justru menjadi peluang penyebaran virus kepada keluarga. Lebih baik saat ini lakukan social distancing dan diam di rumah saja. Dan tentu saja tetap hidup sehat sebagaimana protokol kesehatan,” tandasnya.

Olly juga menyampaikan menjelang bulan puasa, tradisi mudik yang kerap dilakukan untuk saat ini agar diurungkan.

“Saat ini kita tengah menghadapi pandemi Covid-19, marilah kita bersama-sama untuk melawan virus ini untuk mematuhi aturan atau protokol yang ditetapkan. Ini demi kebaikan kita bersama untuk memutus mata rantai Covid-19.

“Dengan mudik atau pulang kampung sama halnya kita tidak melindungi dan menyanyangi keluarga kita. Mari kita putuskan mata rantai Covid-19 bersama-sama,” tandasnya.

Diketahui, dari berbagai kasus positif Covid-19, dipicu orang yang memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah. Bahkan saat ini Sulut telah menyandang status transmisi lokal. Itu artinya, berjangkitnya virus sudah mengarah antar masyarakat lokal.(hil)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here