Pemkab Siapkan Posko Pemeriksaan Kesehatan Bagi yang Akan Melintas di Mitra

0
332
Tampak warga diperiksa suhu tubuh saat melintasi perbatasan Mitra di gunung potong (ist)

Mitra, SULUTREVIEW – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) menyiapkan posko pemeriksaan di lima pintu masuk perbatasan antar daerah, di bawah koordinasi satuan tugas (Satgas) penanganan dan pencegahan Virus Corona (Covid-19).

Dikatakan Bupati James Sumendap, sehubungan dengan pemeriksaan ini, pendatang harus menunjukan surat keterangan berbadan sehat yang di keluarkan oleh Puskesmas atau Rumah Sakit Daerah domisili sebelumnya.

“Hal ini merupakan langkah antisipasi untuk mencegah penyebaram virus Covid-19. Kami juga sudah siapkan posko pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang akan masuk atau melintas di Kabupaten Minahasa Tenggara,” ujar Sumendap, Senin (30/3/2020).

Ia menjelaskan, sejumlah instansi terkait yakni Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol-PP, dibantu TNI dan Kepolisian, akan melakukan pemeriksaan selama 24 jam.

“Kami pastikan siapa saja yang masuk Minahasa Tenggara akan diperiksa kesehatannya,” tukasnya

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Mitra Franky Wowor menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan tenda darurat di semua pintu masuk.

“Kami sudah mendirikan tenda darurat untuk menjadi posko pemeriksaan. Kami juga menyiapkan personil untuk membantu tim Satgas,” ujarnya.

Adapun lima posko pemeriksaan yakni perbatasan antara Minahasa Tenggara dan Minahasa yang berada di Kecamatan Ratahan Timur yakni di Gunung Potong, serta di Kecamatan Posumaen, Desa Bentenan.

Selain itu perbatasan dengan Kabupaten Minahasa Selatan yakni Kecamatan Touluaan di Desa Lobu, serta Kecamatan Touluaan Selatan, Desa Kalait. Posko selanjutnya di Kecamatan Ratatotok yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. (*/Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here