Miliki Penyakit Penyerta, Pasien Sembuh Covid-19 Masih Dirawat di RSUP Kandou

Manado, SULUTREVIEW

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr Steaven Dandel MPH, menjelaskan tentang progres atau perkembangan penanganan medis dari kasus pasien 58 yang sembuh.

Menurutnya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 58 dari Bailang yang sembuh tersebut, kini dapat dirawat di luar isolasi. Namun demikian yang bersangkutan masih tetap dalam perawatan.

“Pasien kasus 58 ini, sudah sembuh dari Covid-19, sehingga sudah bisa dirawat di luar ruang isolasi,” katanya Kamis (26/03/2020).

Diungkapkan Dandel, pasien yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19, memiliki penyakit penyerta. “Pasien ini memiliki sakit diabetes melitus dan ganguan ginjal, sehingga masih memerlukan perawatan intens,” ujarnya.

Pasien pertama yang terkonfirmasi positif di Sulut, ini sambung Dandel, mengacu pada hasil sampel laboratorium ke-3 yang hasilnya negatif.

“Hasil test sampel ketiga dari Litbangkes pasien yang berusia 51 tahun ini sudah negatif. Makanya yang bersangkutan diizinkan untuk dirawat di luar ruang isolasi,” tandasnya.

Dia juga menambahkan, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) ada penurunan juga, saat ini menjadi 12 orang.

“Penyakit Covid-19 ini bisa sembuh, makanya kepada masyarakat agar tidak panik,” imbaunya.

Saat ini, status Orang Dalam Pemantauan (ODP) sekarang, tercatat berjumlah 471 orang. “Perkembangannya akan dipantau setiap hari,” kuncinya.(hil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.