Catatan Michael Jacobus Soal Pasangan MM-HH Di Pilwalkot Bitung

0
754

Michael Jacobus MH CLA dan Pasangan MM-HH

Sulutreview.com
Bitung-DPD PDIP Sulawesi Utara akhirnya menjatuhkan pilihanya kepada sosok Pengusaha yang saat ini menjabat Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yakni Hengky Honandar (HH) untuk bersanding dengan Ir Maurits Mantiri MM untuk menuju Pilwalkot Bitung 2020.

Meski sampai saat ini belum 100 persen menggenggam Surat Keputusan (SK), akan tetapi signal dan jaminan dari Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey sudah sangat terlihat nampak jelas yang terus didengungkan dalam setiap berbagai kesempatan.

Hal ini pun dibuktikan pada Kamis (19/03/2020) kemarin, dimana Olly Dondokambey sudah memproklamirkan dihadapan kalangan wartawan bersama MM-HH bahwa sesuai hasil evaluasi DPD PDIP Sulut dan juga DPP bahwa pasangan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar (MM-HH) paling siap untuk bertarung dan untuk Bitung sudah final atau tidak ada pasangan lainya selain MM-HH karena tinggal menunggu SK yang dalam waktu dekat akan segera turun.

Akan tetapi ada sisi menarik ketika HH dengan jargonya Hidup Harmonis dan MM dengan Melayani Mengasihi ini berpasangan. Dimana sosok HH yang dulunya adalah lawan tanding dari Maurits Mantiri saat 2015 lalu. Akan tetapi saat ini pasangan HH sudah berpindah pasangan dan akan maju bersama dengan Ketua DPC PDIP Bitung Ir Maurits Mantiri yang tentu akan menambah kekuatan penuh untuk memenangkan Pilwalkot di Kota Bitung mendatang.

Kini MM dan HH telah bergabung. Namun beberapa kalangan masih banyak yang bertanya-tanya apakah kombinasi pasangan ini akan lebih menguntungkan PDIP ataukah sebaliknya? Hal ini pun langsung dijelaskan oleh Michael Jacobus pencetus Deklarasi Maurits Mantiri di Madidir dan wilayah lainya di Kota Bitung.

Berikut petikan wawancara singkat dengan tokoh Pemuda dan Lawyer kondang asal Kota Bitung yang dulunya adalah lawan tanding dari Ir Maurits Mantiri dan Hengky Honandar di Pilwalkot 2015 lalu, dialah Michael Jacobus SH MH CLA.

Jacobus berpendapat pasangan MM-HH adalah pasangan yang Serasi yang dalam kamus bahasa Indonesia Serasi adalah ‘harmonis, serasi, selaras, rukun, sedap dipandang, sesuai, cocok serasi sehaluan. Ini adalah pasangan yang memang komplit yang benar-benar satu hati dalam mencapai suatu tujuan.

Apalagi dari sisi latar belakang kompetensi keduanya adalah kolaborasi politisi dan pengusaha adalah merupakan kombinasi yang mantap untuk mencari solusi pembangunan kota Bitung ke depan.

Berikut catatannya tentang pasangan MM-HH dan ada beberapa kebutuhan kepemimpinan Kota ke depan:

1. Butuh pemimpin yang harmonis, dan MM-HH adalah harmonisasi yang terbangun lewat persahabatan tulus dalam waktu yang sudah cukup lama. Selain itu keduanya dari 1 partai, sehingga soliditas pasti akan sangat terproteksi. Sudah beberapa kali ganti pemimpin di Bitung, terdapat kecenderungan konflik walikota dan wakil. Pemimpin yang saling berkonflik tidak akan fokus kerja, tapi terputar-putar pada konflik keduanya. MM-HH adalah solusi kepemimpinan yang Harmonis.

2. Bitung butuh pemimpin kota yang sadar bahwa Bitung rumah kita sehingga “orang rumah” akan jadi prioritas untuk disejahterakan, dan bukan orang-orang yang diimpor dari Negeri seberang. Karena itulah makna otonomisasi, yakni pemda fokus mengsejahterakan warganya, dan bukan warga dari daerah lain.

3. Perpaduan politisi dan pengusaha, diharapkan bisa jadi solusi manajemen pemda yg amburadul. Terutama dalam pelaksanaan meritrokrasi dalam penempatan pejabat ASN baik dalam jabatan fungsional, jabatan administrasi dan jabatan pimpinan tinggi. Sebab Perpaduan politisi dan pengusaha ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi penciptaan lapangan pekerjaan dan pengembangan investasi di Bitung. Dan bukan hanya sibuk bikin iven, tapi dampaknya utk penciptaan lapangan pekerjaann investasi tidak terukur pencapaiannya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here