Pilkada Minsel, OD Perlu Belajar Kegagalan di Sangihe

0
1311
Olly Dondokambey

Amurang, SULUTREVIEW

Penempatan figur pendamping Franky Donny Wongkar (FDW) di Pilkada Minahasa Selatan (Minsel) sangat penting.

Bila salah pilih meski saat ini dari hasil survey memimpin, bukan tidak mungkin akan terpeleset.

Karenanya Olly Dondokambey (OD)sebagai ketua DPD PDIP Sulut diminta berhati-hati agar tidak mengulang kesalahan di Pilkada Sangihe.

Arus bawah dari kalangan partai berlambang kepala banteng sangat menginginkan mengakomodir keterwakilan untuk menentukan calon wakil bupati pendamping FDW.

Keterwakilan didasari wilayah geografis dan juga golongan. OD diharapkan tidak terjebak dengan janji, tanpa melihat keinginan kader dan juga warga pemilih.

“Kami sangat siap berjuang bagi pasangan calon yang akan diusung oleh partai. Tapi kami menginginkan pak OD sebagai ketua DPD juga mempertimbangan suara dari kader akar rumput. Sebab kami mengetahui kondisi di lapangan. Jangan salah menenpatkan figur yang banyak penolakan. Sebaiknya tempatkan figur yang memenuhi unsur keterwakilan. Bila tidak diperhatikan bisa saja kami bersikap abstein di Pilkada,” sebut salah satu kader yang meminta namanya disimpan.

Sementara itu mantan Kumtua yang juga tokoh masyarakat Ventje Mangindaan STh juga mendukung unsur keterwakilan dimasukkan.

Bahkan dia dengan jelas mengatakan bila OD memaksakan Petra Rembang sebagai calon wakil bupati, akan menjadi beban berat bagi FDW.

Menurutnya figur Rembang justru dapat menggerus suara FDW bukannya menambah.

Makanya dia menyarankan agar OD lebih memilih calon wakil yang dapat menambah dukungan.

Dia menyebutkan Ricky Stanley Tumanduk merupakan figur yang memenuhi kategori.

“Saya melihat yang ada di masyarakat, siapa yang dapat mengurangi atau menambah jumlah dukungan bagi FDW di Pilkada.

Menurut saya RST memenuhi kriteria yang mampu mengangkat dukungan. Sebab basis dukungannya jelas dan besar. Sebut saja beliau dari GPdI yang jumlah pemilihnya signifikan di persaingan yang ketat.

Kedua dia berasal dari Minsela, warga disana sangat mengharapkan adanya keterwakilan mereka. “Semoga saja pak Olly mempertimbangkannya,” tandas Mangindaan.

Informasi yang diperoleh, PDIP akan mengumumkan pasangan calon di Pilkada Minsel hari Selasa (17/03) besok. Pengumuman calon bakal merubah suara dukungan, meningkat atau justru merosot tajam.(noh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here