Bawaslu Mitra Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas SDM

0
98
Bawaslu Mitra saat menggelar Bimtek

Mitra, SULUTREVIEW – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM), bagi Panwaslu Kecamatan se-kabupaten Mitra, bertempat di Resto Green Garden Ratahan, 13-15 Maret 2020.

Dikatakan Ketua Bawaslu Mitra Jobie Longkutoy, kegiatan bimtek ini digelar untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas.

“Pemilu merupakan kompetisi politik yang rentan terjadinya pelanggaran, jadi untuk menjamin integritas pemilu diperlukan pengawasan di setiap tahapan pemilu yang dilakukan oleh pengawas pemilu,” ujar Longkutoy

Untuk itu dikatakan Longkutoy, tugas dari pengawas pemilu adalah melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan. Mengawasi perencanaan dan penetapan jadwal tahapan pemilu, mengawasi tahapan pemilu, mengawasi pelaksanaan putusan pengadilan terkait pemilu, memantau atas pelaksanaan tindak lanjut penanganan pelanggaran pidana pemilu oleh instansi yang berwenang.

“Kegiatan Bimtek ini penting untuk dilakukan agar setiap tahapan nantinya dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan aturan dan perundang-undangan ,” jelasnya

Ia pun berharap, pelaksanaan pemilu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020 ini, bisa berjalan aman, lancar dan sukses.

“Sesuai dengan tagline Bawaslu yakni
Bersama rakyat awasi pemilu, Bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu,”pungkas Jobby Longkutoy. (Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here