Polemik Perkada, Sangkoy Minta Gubernur Jujur

0
485
anggota DPRD Minsel dari Fraksi Golkar Robby Sangkoy

Amurang, SULUTREVIEW

Meski telah ditandatangani oleh Bupati Tetty Paruntu, Peraturan kepada daerah (Perkada) Minsel 2020 masih juga mengambang.

Ini tidak lepas dari pernyataan Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri Arsan Latif yang menyataan penilaian Perkada masih menjadi kewenangan Gubernur. Sedangkan Gubernur belum mengeluarkan surat persyararan Perkada APBD lengkap syarat dan berkas.

Menyikapi polemik dan juga pernyataan dari Kemendagri, anggota DPRD Minsel dari Fraksi Golkar Robby Sangkoy memintakan agar Gubernur Sulut Olly Dondokambey buka-bukaan. Menurutnya apa saja syarat yang harus dipenuhi dipaparkan kepada publik. Apa juga syarat yang belum dipenuhi Pemkab Minsel. Sehingga publik dapat mengetahui duduk persoalan dari Perkada APBD yang berpolemik.

“Saya mintakan gubernur jujur dan buka-bukaan mengenai syarat pengajuan Perkada APBD. Sehingga publik dapat mengetahui apa saja yang belum dipenuhi Pemkab Minsel, dengan demikian perkaranya dapat lebih jelas. Kenapa saya katakan seperti ini, agar APBD tidak menggantung seperti sekarang. Kan yang kesulitan adalah seluruh masyarakat,” tutur Sangkoy.

Mengenai isi Perkada APBD, menurutnya merupakan kewenangan dari eksekutif dalam hal ini bupati. Karenanya DPRD tidak dapat ikut campur. Bahkan Gubernur juga hanya diperbolehkan memeriksa sinkronisasi antara KUA PPAS dan RKPD. Sedangkan besaran anggaran tidak dapat diutak-atik karena sepenuhnya tanggung jawab bupati. Termasuk pengganggaran Jamkesda sebesar Rp 3,5 miliar.

“Ini sudah bukan ranahnya DPRD lagi untuk Perkada. Sehingga sebaiknya kita sebagai legislatif dapat menciptakan suasana lebih kondusif. Sebab polemik ini juga karena kegagalan kita bersama yang menyebabkan terjadinya polemik. Kalau untuk sekedar mengkritisi itu memang hak tapi jangan membuat gerakan yang justru dapat menghambat jalannya Perkada. Sekali lagi itu adalah kewenangan eksekutif,” pungkasnya.(noh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here