Sulut Provinsi Superioritas, Pusat Beri Insentif Kartu Pra Kerja

0
217

Manado, SULUTREVIEW

Pemerintah pusat telah menetapkan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebagai daerah superpriotas.

Oleh sebab itu, sebagai bentuk insentif pemerintah memberikan kuota kartu pra kerja kepada para pencari kerja (pencaker) atau tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Kartu Prakerja bermanfaat bagi pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.

“Banyak manfaat yang didapatkan. Tidak saja pelatihan gratis tetapi juga insentif setelah mengikuti Pelatihan,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Provinsi Sulut Ir Erni Tumundo MSi.

Karena itu, dikatakannya, bagi yang berminat, bisa mendaftar ke Bidang Latpenta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Provinsi Sulut atau Balai Latihan Kerja (BLK) Bitung. Pendaftaran Tahap I ditutup pada tanggal 10 Maret 2020.

Syarat-syaratnya antara lain fotokopi (Fc) KTP, Fc ijasah terakhir, dan Fc Kartu Keluarga.

Untuk info lebih jelas, Disnakertrans Sulut menyiapkan nomor handphone di 085397540888 dan 085298252092.

Dijelaskannya, kartu prakerja adalah program Pemerintah, dimana tahun 2020 disiapkan sebanyak 2 juta kartu prakerja, dan pelaksananya Kemenko Perekonomian yang menyiapkan 1,5 juta kartu prakerja dan pendaftaran dibuka secara online bagi seluruh masyarakat pencari kerja di Indonesia.

Selanjutnya, 500 ribu kartu prakerja dikelola oleh Kemnakertrans yang dialokasikan untuk lima daerah destinasi wisata superprioritas, daerah yang kena dampak ekonomi akibat Virus Corona.

“Ada 3 daerah, awalnya hanya Sulut, Bali dan Kepri tapi sekarang bertambah daerah Jakarta, Jabar dan Jatim,” ujarnya.
Kartu prakerja ini digunakan untuk mendapatkan kesempatan pelatihan-pelatihan ketrampilan secara gratis baik di lembaga pemerintah maupun lembaga swasta.(srv)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here